10 Jan 2018 10:23

Sulut Koleksi 108 Tambang

MyPassion

MANADO—Total tambang yang beroperasi di Sulut 108. Sekretaris Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sulut Fransiscus Maindoka mengatakan, jumlah ini beragam. Terbesar ada di Minahasa, disusul Bolang Mongondow. "Rata-rata tambang di Sulut komoditinya batuan. Namun emas komoditi terbanyak di Mitra, Bolmut, dan Bolsel. 108 tambang ini sudah mengantongi izin provinsi," sebut Maindoka. Lanjutnya, tambang yang memiliki izin juga punya program agar bisa memberikan sesuatu pada daerah lokasi beroperasi. Seperti pembangunan jalan atau bantuan terhadap pemerintah atau daerah setempat.

 

Kepala Bidang Mineral dan Batu Logam Theo Rompas mengatakan, setoran dari perusahaan yang mengelola tambang tersebut, semuanya masuk kepada kabupaten/kota. “Namun masih ada juga yang belum berizin tapi beroperasi. Tambang seperti itu yang biasanya terjadi masalah. Karena itu di luar kendali pemerintah,” kata Rompas.

Ditambahkan Kepala Sub Bidang Pendapatan Lain-Lain BP2RD Sulut Coune Momuat, retribusi untuk tambang tidak masuk ke provinsi walaupun izinnya berasal dari provinsi. Hasil penjualannya disetorkan ke kementerian, didistribusikan ke provinsi serta kabupaten/kota.

"Yang kita terima sampai sekarang yaitu PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dari kementerian. Itu adalah hasil hitung-hitungan antara perusahaan dan kementerian untuk menyetorkan ke kas negara. Pembagiannya pusat 20 persen, provinsi 16 persen, daerah penghasil mendapatkan 32 persen 32 persen sisanya dibagikan untuk 14 kabupaten/kota," ucap Momuat.(ctr-03/gel)

Kirim Komentar