10 Jan 2018 11:14
Disanksi Penutupan Usaha

Restoran dan Kios Ilegal Menjamur

MyPassion

MANADO—Walaupun tahun 2017 tercatat ada 1.167 Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), tetapi masih ada usaha ilegal yang tidak memiliki SIUP di Manado. Hal ini dibenarkan Kepala DPM-PTSP Bismark Lumentut SE melalui Kepala Bidang Promosi Kerjasama Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Ekonomi dan Sosial Fyfiannie Ismayanty SE, Selasa (9/1), kemarin.

 

Menurutnya, ada beberapa jenis usaha seperti rumah makan dan kios yang belum mengurus SIUP di DPM-PTSP Kota Manado. “Mulai 2018 DPM-PTSP akan melakukan penertiban terhadap jenis usaha yang tidak mengurus SIUP. Sanksinya sampai penutupan usaha,” jelasnya.

Dia mengatakan, pihaknya sudah memberikan teguran pertama, kedua, dan ketiga tahun 2017 kepada pelaku usaha yang tidak mengurus SIUP. “Di 2018 ini akan ditindaklanjuti dengan memberikan peringatan satu, dua, dan ketiga. Jika tidak lagi menghiraukan, langkah terakhir penutupan tempat usaha,” ujarnya.

Padahal kata Ismayanty, pengurusan SIUP tidak setiap tahun. Tetapi satu kali selama usaha itu berdiri. Kecuali ada perubahan jenis usaha. “Kemudian untuk Tanda Daftar Perusahaan (TDP) lima tahun sekali baru bisa diperbaharui. Kemudian pengurusan SIUP sekarang gratis tidak dipungut biaya,” tambahnya.

Terpisah, anggota Komisi A DPRD Sulut Roy Maramis meminta pelaku usaha mengikuti aturan yang berlaku dengan mengurus SIUP. ”Sudah menjadi kewajiban bagi pelaku usaha mengurus SIUP, karena pemerintah telah memberikan ruang untuk menjalankan usaha dengan membayar TDP dan membayar fiskal,” pungkasnya. (ite/gel)

Kirim Komentar