10 Jan 2018 15:10

Ranopaso Tondano Bakal Miliki Resort Berbanderol 35 Miliar

MyPassion
Jeffry Korengkeng

MINAHASA—Pembangunan Minahasa yang kian maju mulai menarik minat investor. Setelah restoran cepat saji KFC yang sudah hampir selesai, Hotel Moy yang sudah diresmikan, kini ivestasi resort bakal meramaikan pariwisata Minahasa. Seperti yang tengah dibangun di Ranopasso Kelurahan Tonsaru Kecamatan Tondano Selatan.

Lahan sebesar dua hektare ini siap disulap menjadi kawasan wisata dan perhotelan. “Total investasi kita mencapai Rp 35 miliar, nantinya ada hotel 80 kamar,  ada resort dan apartemen, targetnya bulan November tahun depan sudah selesai. Namanya Yama Resort Ranopasso,” beber Wilson Wijaya, sang investor.

Dia menambahkan, pihaknya memprioritaskan pekerja lokal saat perekrutan nanti. Sementara, untuk posisi strategis seperti chef dan manager bakal didatangkan dari luar negeri. “Tetap pekerja lokal kita utamakan. Kurang lebih 100 pekerja siap kita rekrut,” kata dia.

Sementara, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Minahasa Jeffry Korengkeng memberi apresiasi terhadap rencana pembangunan yang dilakukan para investor di Minahasa. “Dari sisi regulasi saat ini kita permudah pengusaha. Ada perizinan yang kita hapus. Tapi, syaratnya ada jaminan bagi pekerja lokal,” katanya.

Dia menjelaskan, sama seperti bisnis ritel, tenaga kerja lokal banyak yang terserap. Selain itu, dengan dibukanya hotel nanti, otomatis perekonomian disekitar daerah tersebut ikut tergerak. “Kawasan pariwisata Danau Tondano di Kabupaten Minahasa bakal mendapat tambahan akomodasi,” sebutnya.

Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) mengatakan, pihak investor sudah melakukan konsultasi dan menjelaskan konsep hotel ini. “Intinya kita mendukung investasi yang tujuannya ingin membangun  Tondano,” katanya. Dirinya berharap, investasi yang digelontorkan para investor ini didukung masyarakat. “Dukungan masyarakat penting. Agar proses pembangunan berlangsung aman dan lancar,” pungkas JWS. (cw-01/fgn)

Kirim Komentar