10 Jan 2018 09:20

Kuota 120 Ribu, Sulut Rekrut CPNS

MyPassion
Ilustrasi

MANADO- Sulawesi Utara (Sulut) dipastikan akan menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di 2018. Pemerintah melalui Kementerian PANRB mengungkapkan, akan kembali membuka penerimaan CPNS 2018 ini. Hal ini diungkapkan Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenpanRB Herman Suryatman.

Menurutnya, Formasi CPNS 2018 tersebut dikhususkan untuk daerah. "Seperti yang telah disampaikan pak Menteri Asman, tahun ini akan ada pembukaaan 120 ribu lowongan yang dilakukan berdasarkan hitungan PNS yang pensiun," ungkap Herman kepada Manado Post via Whats'ap, Selasa (9/1), kemarin.

Herman menambahkan, untuk waktu perekrutan masih menunggu data kebutuhan pegawai dari setiap daerah. Sebab, sesuai PP 11/2017 tentang Manajemen PNS, setiap tahun memang diminta untuk menghitung kebutuhan pegawai dan diserahkan pada KemenPANRB dan BKN. “Oleh karena itu, setiap daerah dihimbau untuk segera diserahkan perhitungan tersebut untuk diolah," ujarnya.

Jumlah lowongan CPNS yang dibutuhkan tentu akan dihitung dari berbagai variable. Termasuk kemampuan APBN/D untuk membayar gaji. Bagi Pemprov/Kabupaten/Kota yang komponen belanja pegawai (gaji) PNS melebihi 50% dari APBD total, tentu akan sulit mendapatkan tambahan pegawai baru. "Formasi CPNS akan lebih diarahkan untuk bidang-bidang yang mendukung Nawacita, jadi jangan harap akan ada formasi administratif," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengungkapkan, Sistem Perekrutan CPNS tahun ini masih secara online. "Masih sama seperti tahun lalu, BKN berperan dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN dan fungsi koordinatif di lapangan," beber Ridwan, kepada Manado Post saat dikonfirmasi.

Ditambahkannya, mengevaluasi CPNS 2017 yang lalu, perekrutan kali ini, BKN telah melakukan beberapa langkah persiapan untuk kelancaran perekrutan. Persiapan yang dilakukan antaranya, perbaikan SOP pelaksanaan SKD dengan CAT BKN, perbaikan perangkat lunak sistem CAT BKN hingga ekstensifikasi lokasi SKD CAT BKN dengan penambahan lima UPT BKN. Sebut saja, di Ambon, Pontianak, Bengkulu, Sorong, dan Palu.

Selain itu, memperbaiki kapasitas website Sistem Seleksi CPNS Nasional (sscn.bkn.go id), menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Polda, Kodam dan pemerintah daerah, jika jumlah peserta SKD melebihi kapasitas terpasang di BKN Pusat, Kantor Regional (Kanreg), dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN. Juga, terkait penyebarluasan informasi dan interaksi publik melalui berbagai kanal, web, media sosial, email, Help Desk. "Untuk waktu perekrutan belum pasti, karena saat ini masih menunggu perhitungan dari setiap daerah. Masyarakat sabar dulu ya," tandasnya. (tr-6/vip)

Kirim Komentar