10 Jan 2018 09:43

Hari Kedua, Lima Pasang Mendaftar

MyPassion

MANADO—Memasuki hari kedua, kemarin (9/1), pendaftaran pilkada diikuti lima pasang calon (paslon) di Sulut. Mereka yaitu paslon Elly Engelbert Lasut (E2L) - Mokhtar Parapaga (Mantap) dan Welly Titah - Heber Pasiak (WT-HP) di Talaud. Ada juga paslon AAB Maliogha - Elians Bawole dan Ronald Takarendehang - Rudolf Parerra di Sitaro. Terakhir, paslon Hamdan Datunsolang dan Murianto Babay (HD-Murry) mendaftar di KPU Bolmut.

 

Pantauan koran ini di Talaud, paslon Elly Engelbert Lasut - Mokhtar Parapaga yang diusung Partai NasDem dan PKPI mendaftar pukul 11.30. Sedangkan paslon Welly Titah - Heber Pasiak yang dijagokan PDIP, Golkar dan Hanura mendatangi kantor KPU pukul 12.50. Saat mendaftar, kedua paslon diantar pendukung masing-masing. Pertemuan berhadap-hadapan para pendukung dua paslon tak terhindarkan. Situasi agak memanas karena masing-masing pendukung memberikan dukungan dengan berteriak.

Ketua KPU Velma Sumee, saat memberikan sambutan meminta tim sukses dan pendukung menjaga keamanan dan ketertiban. "Kami harap baik paslon, parpol pengusung dan warga pendukung dapat berpertisipasi menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif. Bertarung secara sportif. Jauhi yang namanya kampanye hitam," ajaknya. Para pimpinan parpol pengusung terpantau hadir juga bersama bakal paslon.

Di Sitaro, paslon AAB Maliogha - Elians Bawole mendaftar pertama dengan mendatangi KPU sekira pukul 10.00. Disusul paslon Ronald Takarendehang - Rudolf Parerra pukul 15.30.

AAB Maliogha, ketika diwawancarai, mengaku siap mengikuti pertarungan pilkada di kampung halamannya. "Ya kami sudah mempersiapkan diri. Untuk itu, kita tetap optimis," singkatnya.

Takarendehang juga senada. Menurutnya, dia sangat siap baik secara mental maupu finansial untuk menangkan pilkada Sitaro. "Tentu saja, sejak awal menyatakan sikap untuk maju, saya siap," katanya.

Ketua KPU Sitaro Stephen Londok membenarkan sudah ada dua paslon mendaftar kemarin. Namun menurutnya paslon Maliogha-Bawole belum memenuhi syarat. “Dari hasil verifikasi calon belum memenuhi syarat. Tapi masih diberikan kesempatan hingga hari terakhir besok (hari ini, Red)," tutupnya.

Sedangkan di Bolmut, paslon Hamdan Datunsolang dan Murianto Babay mendaftar ke KPU Bolmut tepat pukul 11.15. HD-Muri datang dengan masa yang menggunakan atribut berwarana oranye.

Ketua KPU Bolmut Faisal Husin mengatakan, pemeriksaan berkas terbuka dan transparan."Balon ditetapkan sebagai calon pada 12 Februari nanti. Diketahui, hasil pleno lalu sebanyak 6.103 e-KTP, dan atas rekom panwas dalam berita acara rekap menjadi 6.097 kami nyatakan syarat dukungan memenuhi syarat," ujarnya.

Di tempat yang sama, HD mengaku berterima kasih kepada semua pendukung. "Selain didukung independen, terimakasih relawan dan pimpinanan PKS, bahwa kader PKS bisa berprestasi dalam rana pilkada 2018. Kami juga diduking orang-orang dari PAN,” katanya.

Sementara Muriyanto, pasangannya mengatakan, telah pensiun dari TNI pertanggal 31 Desember 2017. “Pengajuan pensiun dari TNI dengan hak pensiun dini, dan berharap independen berjaya pada tahun ini," ujarnya dengan nada optimis.

Sekedar diketahui, untuk hari pertama, telah mendaftar empat pasangan calon. Yakni James Sumendap-Joke Legi di Mitra, Karel Bangko-Arman Lumoto di Bolmut, Tatong Bara-Nayodo Koerniawan di Kotamobagu, dan Handri Piter Poae dan Claritje Silvia Awule di Talaud.

Untuk pendaftaran hari terakhir, hari ini, dijadwalkan akan mendaftar paslon Ivan Sarundajang-Careig Naichel Runtu dan Royke Octavianus Roring-Robby Dondokambey di Minahasa. Pasangan Sri Wahyumi Manalip-Gunawan Talenggoran juga memilih hari terakhir di Talaud. Di Sitaro, pasangan Evangelian Sasingen-John Palandung dan Siska Salindeho-Heronimus Makainas juga mendaftar hari ini. Di Bolmut, Depri Pontoh-Amin Lasena juga akan mendaftar. (tim mp/can)

Komentar
  • MyPassion


    10 Jan 2018 20:52

    JWS Jawaban Warga Sarundajang CNR Jo Buat MINAHASA BERSATU 2018 Sampai 2023 Insya Allah Menang Bupati Dan Wakil Bupati Minahasa MERDEKA.
Kirim Komentar