10 Jan 2018 14:55

Desa Wajib Masukkan LPJ Dandes

MyPassion

BOLSEL – Dinas Pemberdayaan  Masyarakat dan Desa menginstruksikan kepada semua desa untuk memasukan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ). Kepala Dinas Pemdes Deky Paputungan mengatakan, surat resmi pemasukan LPJ sudah dikirimkan ketiap desa sejak Senin (8/1).

Karena sesuai Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) nomor 112/PMK.07/2017, tentang perubahan atas peraturan menteri keuangan nomor 50/PMK.07/2017, mengenai pengelolaan dana desa dan penyaluran dana desa tahap satu, wajib memasukkan LPJ."Dalam surat itu kami meminta, pertanggung jawaban APBDes 2017, penyusunan laporan realisasi penyerapan Dandes dan capaian output, serta laporan realisasi dalam bentuk hard copy dan soft copy," kata kadis.

Kabid Pemdes Arfan menambahkan, sampai dengan hari Selasa (9/1) kemarin, yang memasukkan laporan baru satu desa. "Desa Torosik Kecamatan Pinolosian Tengah sudah memasukan LPJ. Kita berikan waktu batas pemasukan berkas hingga bulan Maret mendatang, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan. Tapi lebih cepat memasukkan lebih baik," ujarnya.

Lanjut kabid, LPJ Dandes tahun 2017 merupakan salah satu persyaratan untuk pencairan dandes tahap satu tahun 2018. "Jadi semua laporan seluruh desa masuk di Pemdes, terus kami rampungkan, dan kemudian itu menjadi salah satu syarat untuk kami ajukan ke Kemenkeu untuk pencairan Dandes tahap satu," tutur Arfan.(cw-04/ite)

Kirim Komentar