10 Jan 2018 14:46

24 Ribu Warga di Talaud Terancam Tak Memilih

MyPassion
GODOK: Proses perekaman E-KTP di Kantor Disdukcapil, kemarin. Perekaman terus digenjot oleh pemerintah, salah satunya guna menyukseskan pemilihan kepala daerah tahun ini. Foto: Fikantri Kaesang/MP

TALAUD—Sebanyak 24.415 warga Kabupaten Kepulauan Talaud terancam tidak bisa menggunakan hak pilih. Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 Juni mendatang. Pasalnya, hingga kini mereka belum memiliki E-KTP sebagai syarat penggunaan hak pilih yang diatur dalam PKPU. Adapun jumlah tersebut berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)  per 30 Desember 2017.

Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip meminta dukungan semua elemen. Agar memberikan kesadaran bagi masyarakat yang belum merekam di lingkungannya, untuk melakukan perekaman KTP Elektronik (E-KTP). “Disdukcapil harus kerja ekstra. Maksimalkan perekaman. Masyarakat juga jangan cuek saja. Saya minta warga saling mengingatkan. Yang sudah merekam ingatkan mereka yang belum. Ini penting. Sayang jika hak pilihnya tidak dipergunakan," ujar bupati.

Kepala Disdukcapil Jabes Linda mengaku pihaknya akan lebih memaksimalkan lagi perekaman E-KTP. Pihaknya, kata dia, akan kembali turun ke setiap kecamatan untuk lagi lakukan perekaman. “Kami akan lakukan sistem jemput bola. Karena syarat Pilkada adalah memiliki e-KTP dan surat keterangan perekaman e-KTP. Ini menyangkut hak konstitusional warga negara. Tidak merekam E-KTP ya tak bisa memilih,” katanya.

Jabes juga menerangkan bahwa 24.415 warga yang belum miliki E-KTP bukan berarti belum merekam. Akan tetapi mereka telah merekam beberapa tahun silam, namun dikarenakan berbagai hal misalnya E-KTP tidak keluar. "Dulu sistem perekaman E-KTP dari kecamatan langsung ke pusat. Berbeda dengan sekarang. Intinya kami akan berupaya keras melakukan perekaman. Akan datangi warga langsung di kecamatan," terangnya. Diketahui jumlah warga Talaud sekira 104. 512 jiwa. Wajib KTP ada 81.885 jiwa dan yang sudah merekam 57.470 jiwa.(fik/gnr)

Kirim Komentar