10 Jan 2018 15:09

150 Personil Kawal Pendaftaran di KPU

MyPassion
Christ Pusung

MINAHASA—Pendaftaran calon kepala daerah di KPU berakhir hari ini. Dari dua calon yang digadang bakal meramaikan pesta demokrasi yaitu Roy Octavianus Roring (ROR)-Robby Dondokambey (RD) dan Ivan Sarundajang (IvanSa)-Careig Naichel Runtu (CNR), keduanya mendaftar hari ini.

Pengamanan KPU pun diperketat untuk mengantisipasi pergerakan massa baik dari kader, relawan maupun simpatisan. “Sebanyak 155 personel disiapkan dan disiagakan guna menjaga keamanan dan ketertiban saat pendaftaran calon bupati dan wakil bupati esok (hari ini, red),” ucap Kapolres Minahasa AKBP Christ Pusung, kemarin.

Dia membeberkan, dari 150 personel ini, ada tim anti huru-hara, Resmob dan satuan Sabhara. “Kekuatan kita sebenarnya bisa sampai 450 personel. Tapi, sisanya kita sebar disejumlah titik yang dianggap rawan,” ungkap Pusung.

Dijelaskannya, koordinasi bersama dengan Polres Tomohon dan dua Kodim guna meningkatkan pengamanan dilakukan di daerah yang memiliki tingkat kerawanan tinggi. “Karena Minahasa jadi daerah kedua terawan dalam hal Pilkada setelah Aceh. Ini perlu diantisipasi dengan koordinasi bersama. Ada rekomendasi dari Satintelkam titik lokasi rawan, siap kita antisipasi,” kata mantan Kapolres Palu ini.

Terpisah, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Nixon Juberth Purnama mengatakan pihaknya menyiapkan pasukan untuk membantu pengamanan. “Kita menyiagakan personel sebanyak satu Satuan Setingkat Kompi (SSK). Kemudian, ada 30 hingga 50 petugas siap membantu Polres. Sembilan Koramil juga standby,” pungkas Purnama.

Sementara Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon mengatakan, pihaknya sudah siap menyambut kedatangan kedua pasang calon ini. “Dua hari pertama belum ada yang mendaftar. Kita antisipasi di hari ketiga. Dan kita sudah siap,” katanya. Dirinya pun yakin proses pendaftaran kedua calon ini bakal berlangsung aman dan kondusif. “Kami yakin proses pendaftaran aman. Namun, kita sudah di back up pihak Polres dan Kodim,” pungkas Tinangon. (cw-01/fgn)

Kirim Komentar