09 Jan 2018 15:01

Tak Lagi Melakukan Rapat Anggota, 400 Koperasi Dihapus

MyPassion

MINAHASA—Sebanyak 400 koperasi dihapus. Pasalnya, ratusan koperasi ini tak menjalankan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Kepala Dinas Koperasi dan UKM Joudy Kapojos menuturkan, proses penghapusan koperasi tengah dilakukan.  “Sementara jalan, sudah sekitar 400 lebih koperasi yang kita hapus. Semuanya ada 1.000 lebih. Nah, yang lainnya sementara dievaluasi,” beber Kapojos.

Di Minahasa, kata dia, terdapat 1.310 koperasi. Umumnya bergerak di bidang pertanian, simpan pinjam dan pemberdayaan masyarakat. “Disayangkan, sejumlah upaya persuasif tidak diindahkan pengurus koperasi. Karena proses penghapusan ini tidak sembarang. Perlu rekomendasi dari kementerian. Dan prosedurnya panjang. Ada tenggat waktu yang kita berikan, tapi tak dioptimalkan,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Bidang Koperasi Robby Rumbayan menambahkan upaya inventarisir pihaknya terus dilakukan.  Hasilnya, tahun lalu,  sebanyak 114 koperasi resmi memiliki Nomor Induk Koperasi (NIK).  “Tahun lalu kita serahkan 114 NIK bagi koperasi yang dianggap aktif dan rutin menggelar RAT. Otomatis, pemberian bantuan baik dari kabupaten dan kementerian hanya bagi mereka yang legal,” tuturnya.

Dirinya berharap, pihak perbankan, untuk memperlonggar aturan pemberian pinjaman baik melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau dalam bentuk lainnya. “Persyaratannya kadang memberatkan masyarakat, karena harus menjamikan sertifikat rumah atau tanah, padahal bila dianalisa dengan tepat, tak menghambat kelangsungan usaha masyarakat. Koperasi juga demikian,” pungkas Rumbayan. (cw-01/fgn)

Kirim Komentar