09 Jan 2018 14:50

Rolling Pejabat Penyebab Gaji Terlambat

MyPassion
Ilustrasi

BOLMONG—Sebesar Rp 381 miliar dialokasikan untuk pembayaran gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Anggaran ini diplot untuk pembayaran gaji pokok serta tunjangan lainnya.  “Itu untuk semua pegawai di Bolmong,” ucap Plt Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong Fico Mokodompit, Senin (8/1), kemarin.

Dia melanjutkan, memang sampai saat ini gaji ASN belum diterima. Dan bukan hanya di Bolmong yang terjadi keterlambatan. Tapi hampir disemua  daerah atau kota, ada keterlambatan pembayaran gaji Januari.  “Misalkan kalau kita sudah akan bayar gaji, maka harus ada penunjukan pengguna anggaran, dan pengeluaran anggaran. Dan pada saat itu siapa yang akan bertanggung jawab untuk itu. Kan, baru kemarin di rolling pimpinan SKPD,” ungkap Mokodompit di ruang kerjanya.

Dijelaskannya, jika tak ada mutasi atau rolling kemarin, pastinya gaji sudah ada. “Tapi karena ada rolling pimpinan SKPD, maka ada sedikit keterlambatan,” dia berkilah.

Dirinya pun menegaskan, saat ini BKD sementara berusaha agar pembayaran gaji Januari akan segera cair. “APBD sudah ditetapkan. Tapi kami posting anggaran dulu. Agar APBD tahun ini cukup selama 12 bulan. Karena sekali di posting, maka tidak bisa bergerak. Maka harus ekstra hati-hati,” katanya.

Semenatar, sejumlah ASN mengaku gaji Januari memang belum terbayar. Namun, mereka mengerti keterlembatan karena ada pergeseran jabatan beberapa hari yang lalu. “Belum dibayarkan. Namun infromasinya sudah akan disalurkan dalam waktu dekat,” kata beberapa ASN di lingkungan Pemkab Bolmong. (tr-01/fgn)

Kirim Komentar