09 Jan 2018 14:39

Potensi Pariwisata Bitung Bertambah

MyPassion

BITUNG—Pesona pariwisata Kota Cakalang tak kalah dari daerah lain. Dinas pariwisata Bitung mencatat sekira 58 potensi objek wisata selain Selat Lembeh, yang akan diandalkan tahun 2017 untuk menarik wisatawan.

 

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Serry Pangkung mengatakan, sebanyak 58 destinasi ini tersebar di 8 kecamatan. “Jadi selain Selat Lembeh, untuk destinasi pariwisata ada puluhan yang menjadi andalan. Bagian promosi gencar melakukan upaya untuk pariwisata Bitung dapat dikenal. Salah satunya Festival Pesona Selat Lembah (FPSL) yang akan dilaksanakan kembali tahun ini.

“Meski masih ada beberapa kendala dari segi infrasturkturnya, tetapi sudah, mulai membaik. Hanya memang ada beberapa jalan akses masuk lokasi pariwisata yang masih agak rusak,” terangnya.

Salah satunya, Kawasan Hutan Taman Wisata Alam Batu Putih, karena selain keindahan pantai, ada juga wisata alam yang dapat dikunjungi wisatawan yang masih asri. “Bagi yang suka dengan petualangan, dapat mengamati keberanekaragaman flora dan fauna,” kata Kadis Pariwisata Bitung Ellen Sutrisno.

Tambahnya, wisatawan juga bisa melihat hewan endemik langsung. “Seperti Tarsius dan Macacanigra. Serta ada pula spot-spot khusus untuk bird watching. Ditunjang dengan fasilitas yang mempuni. Seperti transportasi menuju lokasi dan penginapan. Yang dikelola swasta dan masyarakat setempat,” ungkanya, menekankan objek ini satu dari sekian banyak tujuan pariwisata di Bitung.

Senada disampaikan Kepala Badan Pembangunan Daerah (Bapeda) Bitung Marciano Lomban SE MSi, pengembangan pariwisata saat ini menjadi fokus pembangunan di Bitung. “Tahun 2017, ada lima fokus pembangunan di Bitung. Salah satunya adalah infrastruktur lokasi pariwisata. Selain fokus pada pembangunan Pulau Lembeh sebagai tujuan pariwisata andalan, juga akan dilaksanaakn pembangunan di lokasi pariwisata lain,” singkatnya.(cw-03/ria)

Kirim Komentar