09 Jan 2018 08:18

Golden Globes Serbahitam

MyPassion
Nicole Kidman

MINGGU (7/1) malam atau Senin pagi (8/1) Wita digelar salah satu ajang penghargaan major di dunia, Golden Globes. Serba hitam, Oprah Winfrey dan seria Big Little Lies menjadi sorotan. Para selebriti Hollywood menepati janjinya untuk mengenakan pakaian serbahitam. Outfit bernada sendu itu bukan tanda berkabung atas meninggalnya seseorang. Tapi membawa pesan tentang kesetaraan gender sekaligus bentuk protes terhadap kasus pelecehan seksual Harvey Weinstein yang menodai industri hiburan Hollywood.

 

Bukan cuma itu saja, ini juga menjadi event kampanye #TimesUp yang disuarakan oleh sekitar 300 aktris seperti Meryl Streep, Jessica Chastain, Reese Witherspoon, Natalie Portman, Gal Gadot dan lain-lain. #TimesUp bukan cuma untuk perfilman saja, tapi juga ketimpangan yang terjadi antar gender di militer, politik dan lain-lain. Twitter bahkan sampai membuat hashtag spesial untuk #TimesUp.

Sementara, presenter Oprah Winfrey diganjar Cecill B De Mille Award. Penghargaan untuk sosok yang dinilai memberikan kontribusi bagi dunia hiburan. Dengan diberikannya penghargaan tersebut kepada host The Oprah Winfrey Show, maka ia pun menjadi perempuan (maaf) kulit hitam pertama yang menerima award spesial ini. Pidato kemenangan Winfrey ini pun dibicarakan banyak orang karena sangat menyentuh.

"Aku ingin semua gadis, yang sekarang ada di sini, tahu bahwa hari baru ada di cakrawala! Dan saat hari baru itu akhirnya tiba, itu terjadi karena banyak wanita hebat, banyak di antaranya berada di sini, di ruangan ini, malam ini. Dan beberapa orang fenomenal yang berjuang keras untuk memastikan bahwa mereka menjadi pemimpin yang membawa kita ke waktu di mana tidak ada yang pernah mengatakan 'aku juga' lagi." Inilah akhir dari pidato Winfrey yang penuh inspirasi.

Meski atmosfer hotel di Beverly Hills, venue acara itu gelap, namun tak ada alasan untuk tak bahagia. Terutama bagi para peraih penghargaan meski sudah berulang kali bawa pulang piala serupa. Bagi Nicole Kidman, Golden Globes kali ini adalah pialanya yang keempat. Lewat perannya sebagai Celeste Wright di serial televisi Big Little Lies, Kidman ditahbiskan sebagai Aktris Drama Seri TV Terbaik. Saat berdiri ke panggung, Kidman mempersembahkan penghargaan ini untuk para aktris yang menjadi rekan kerjanya dalam serial ini.

Semula ia mengucapkan pidatonya dengan lantang, tiba-tiba suaranya mulai bergetar saat mengucapkan terima kasih untuk sang ibu, Janelle, dan saudarinya, dan Antonia Kidman. "Dan ibuku. Ibuku adalah seorang aktivis untuk pergerakan perempuan, saat aku tumbuh dewasa. Dan karena dirinya, aku bisa berdiri di sini. Pencapaianku adalah pencapaiannya juga," tuturnya sambil menahan air mata.

Ia juga mengatakan bahwa karakter yang ia mainkan di Big Little Lies mewakili apa yang tengah hangat diperbincangkan di industri hiburan Hollywood, yaitu mengenai kekerasan. Terakhir, ia mengucapkan satu kalimat manis untuk sang suami, Keith Urban, yang menemaninya hadir. BLL menang besar malam itu. Selain menjadi Drama Seri TV Terbaik kategori drama, serial di HBO ini mendapuk Laura Dern dan Alexander Skarsgard sebagai Aktris dan Aktor Pendukung Terbaik. (berbagai sumber/tkg)

Berita Terkait
Kirim Komentar