09 Jan 2018 14:54

Belanja Pegawai Sangihe Turun 6 Persen

MyPassion

SANGIHE—Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 Kabupaten Sangihe telah ditetapkan. Dengan total belanja pegawai Rp 385 juta. Hal ini dibeberkan Kepala Bidang Anggaran Badan Keuangan Sangihe Abednejo Hapendatu, ketika dikonfirmasi wartawan, Jumat (5/1) pekan lalu.

 

Dijelaskannya, belanja pegawai setiap tahun biasanya mencapai 54 persen dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Namun di tahun 2017 lalu menurun menjadi 41 persen dan 2018 kembali menurun 35 persen. “Belanja pegawai Kabupaten Sangihe di tahun 2018 menjadi Rp 385 juta dengan persentase 35 persen,” beber Hapendatu. 

Lanjutnya,  penurunan belanja pegawai ini juga dikarenakan adanya pengurangan pegawai setelah guru SMA, SMK dan penyuluh dialihkan pengelolaan dan pembiayaannya ke provinsi. “Jadi dengan adanya pengalihan status guru SMA dan SMK serta penyuluh ke provinsi, otomatis terjadi pengurangan anggaran pembiayaan yang kini dimanfaatkan untuk belanja pelayanan publik," jelasnya. 

Begitupun dengan menurunnya belanja pegawai hingga mencapai 35 persen dari APBD, turut mengindikasikan kondisi APBD Sangihe lebih baik dari sebelumnya. “Sebab dengan rendahnya belanja pegawai dapat memberi peluang bagi daerah untuk membuka penerimaan CPNS,” ujarnya.

Ditambahnya,  batas belanja pegawai sesuai ketentuan tidak bisa melewati 50 persen. Sehingga dengan angka 35 persen akan sangat baik bagi daerah. “Sebab kita dapat melakukan penerimaan CPNS jika belanja pegawai di APBD di bawah 50 persen,” tutup Kabid.(tr-08/gnr)

Kirim Komentar