09 Jan 2018 14:34

9.932 Warga Terancam Absen Pilkada

MyPassion

MITRA—Sebanyak 9.932 warga terancam tak bisa menggunakan hak suara mereka ketika pemilihan kepala daerah (Pilkada) mendatang. Pasalnya, ribuan warga tersebut sampai kini belum melakukan perekaman e-KTP. “Total 84.882 warga yang menjadi wajib KTP. Namun yang baru melakukan perekaman baru 74.950. Jadi masih ada 9.932 yang belum melakukan perekaman,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Mitra David Lalandos.

 

Lanjut Lalandos, dari total 74.950 warga yang sudah lakukan perekaman. Tinggal 3 ribu yang belum mendapatkan e-KTP. “Yang sudah menerima 71.950 warga,” terangnya. Namun dijelaskan Lalandos, 3 ribu warga ini belum dicetak e-KTP. Dikarenakan beberapa faktor. “Misalnya terkait ada pendataan ganda. Serta terganjalnya data di Pusat. Namun akan segera diselesaikan, sehingga e-ktp akan disalurkan," jelasnya.

Sementara itu Komisioner KPU Mitra Fivi Massie mengatakan, jumlah pemilih dipatok dari daftar pemilih tetap pada pemilihan terakhir. “DPT terakhir pada Pilgub 2015 yakni 81.158 pemilih. Namun berdasarkan data sementara dari Dirjen Kependudukan yang diberikan kepada KPU Pusat. Kabupaten Mitra memiliki 85.405 pemilih. Namun ini akan kami sesuaikan dengan data capil nanti," jelasnya.

Sementara pada pemungutan suara nanti menurut Massie, e-KTP menjadi salah satu persyaratan pemilih. “Kalau pun tidak ada harus koordinasi dengan disdukcapil. Kemudian dikeluarkan surat keterangan,” tandasnya.(tr-04/gnr)

Kirim Komentar