09 Jan 2018 13:55

2017, 203 Kasus OTT Sampah

MyPassion

MANADO—Kebersihan di Kota Manado harus dijaga. Karena itu pemerintah akan mengaktifkan kembali Operasi Tangkap Tangan (OTT) sampah. Warga Malalayang Yansen Barunka mengatakan, awal 2018 banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan di sungai. Ini dibuktikan dengan banyak sampah terjaring di kubus apung. Juga ada warga membuang sampah bukan pada jamnya. ”Kami mengharapkan OTT sampah terus dilakukan supaya masyarakat diingatkan tidak membuang sampah sembarangan,” ungkapnya. 

 

Kepala Bagian Hukum Yanti Putri SH MH ketika dikonfirmasi mengatakan, OTT sampah akan kembali dilakukan di 2018. Pekan keempat Januari, tim akan turun lagi melakukan OTT. ”Rencana dua pekan sekali kami akan OTT. Jadi satu kecamatan selama satu tahun bisa sampai dua kali OTT sampah,” ujarnya.

Dia menjelaskan, waktu penerapan OTT sampah 2017 lalu memiliki dampak kepada masyarakat. Sebab masyarakat sudah mulai kurang membuang sampah sembarangan. Tapi awal tahun akan diingatkan kembali. ”Bagi warga yang terjaring OTT membuang sampah sembarangan bisa mendapatkan denda paling tinggi 50 juta dan ditambah hukuman kurungan badan. Tetapi semua tergantung keputusan hakim,” pungkasnya. Sementara itu dari data, selama 2017 ada 203 kasus OTT di Kota Manado. Paling banyak terjadi di wilayah Tuminting.(ite/gel)

Kirim Komentar