08 Jan 2018 09:22
Banteng-Beringin Perang Bintang di Minahasa

ROR-RD vs IvanSa-CNR

MyPassion

MANADOPOST-Pertarungan sengit bakal tersaji di Pilbup Minahasa kali ini. Selain head to head dua partai besar, PDI-P yang mengusung ROR-RD dan Partai Golkar mengusung Ivan Sarundajang-Careig Naichel Runtu (IvanSa-CNR), figur di belakang dua calon ini juga ikut memberi pengaruh.

ROR-RD disokong OD-SK yang notabene adalah Gubernur dan Wagub Sulut juga para kepala daerah se-Sulut dari PDI-P, termasuk JWS. Tak hanya itu, tak menutup kemungkinan mesin birokrat ikut bergerak mendukung pasangan yang jauh dari prediksi tersebut. Ketokohan ROR-RD juga akan ikut berpengaruh. Misalnya, ROR yang juga Ketua P/KB GMIM 2005-2010, berpengaruh di lingkup GMIM. Sementara RD cukup kuat di organisasi Olly Dondokambey Center (ODC) yang sudah terstruktur di Minahasa.

PDI-P pun yakin, mesin partai bakal bergerak aktif mendukung ROR-RD. Diungkapkan Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI-P Sulut Lucky Senduk, ROR dan RD bukan figur baru di Minahasa dan PDI-P. “ROR pernah mencalonkan diri di Pilkada Minahasa dan punya suara signifikan. Begitu juga RD, sudah dikenal di sana,” sebut Senduk.

Diapun menekankan, baik ROR maupun RD adalah kader PDI-P. ROR pernah diusung PDI-P dan RD diketahui Wakil Ketua DPC PDI-P Minahasa. “Karakter kader PDI-P adalah loyalitas tanpa batas. Soliditas kader partai, saya yakin akan memenangkan dan mengamankan keputusan DPP,” ujar Plt Ketua DPC Kepulauan Talaud ini.

Partai Demokrat juga menyatakan diri dukung ROR-RD. Seperti yang disampaikan Ketua Harian PD Sulut James Karinda. “SK dari DPP baru saja keluar. Kita mendukung pasangan ROR-RD,” sebut Karinda. Dikatakan Karinda, keputusan tersebut sudah melalui kajian di DPP. “Jadi Pilkada 2018 ini, Demokrat bergabung dengan PDI-P di empat daerah. Di Minahasa, Mitra, Kotamobagu, dan Bolmut,” sebut Karinda. Di sisi lain, Partai Hanuradan Gerindra juga dikabarkan ikut mendukung ROR-RD.

Meski lawannya cukup berat, sikap percaya diri ditunjukkan Partai Golkar. Calon yang mereka usung IvanSa-CNR diyakini bisa mengimbangi kekuatan PDI-P. Apalagi Golkar tak bekerja sendiri. Ada Partai NasDem yang sudah menyatakan diri bergabung dan figur di belakang IvanSa-CNR sudah sangat berpengalaman.

Di antaranya Sinyo Harry Sarundajang yang pernah menjabat Gubernur Sulut dua periode, serta Stefanus Vreeke Runtu (SVR), mantan Bupati Minahasa dua periode. Dua sosok penting ini sudah kenyang dengan pengalaman dalam menghadapi Pilkada. Apalagi keduanya pernah sukses mempertahankan jabatan selama dua periode. Khususnya, SHS yang juga doktor politik dikenal sulit dikalahkan.

Para tokoh Golkar pun siap menyokong IvanSa-CNR, termasuk Ketua PG Sulut Christiany Paruntu. Di lain sisi, IvanSa-CNR sudah cukup lama melakukan sosialisasi dan konsolidasi di akar rumput. "Partai Golkar tentu akan habis-habisan untuk memenangkan Pilkada Minahasa.  Pasangan IvanSa-CNR ditargetkan menang," tegas Jubir PG Sulut Feryando Lamaluta, Minggu (7/1) tadi malam.

Golkar juga bisa memanfaatkan kekecewaan masyarakat pada PDI-P yang urung mengusung JWS. "Masakan nanti di detik terakhir baru diumumkan. Ini pasti ada permainan didalamnya," ujar kader PDI-P Minahasa yang tak ingin disebutkan namanya.

123
Kirim Komentar