08 Jan 2018 13:54

Pakai E-Voting, 21 Maret Pemilihan BPMS GMIM

MyPassion

MANADO— Pemilihan Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM, Ketua Kategorial BIPRA Sinode GMIM, Majelis Pertimbangan Sinode (MPS) dan Badan Pengawas Perbendaharaan Sinode (BPPS) tahun 2018-2021, akan dilaksanakan Maret, mendatang.

 

Sekretaris Pemilihan Pdt Janny Lompoliu mengatakan, pemilihan akan diawali dengan pemilihan Ketua Kompelka BIPRA  tanggal 3 dan 4 Maret, diikuti dengan pemilihan BPMS, BPPS dan MPS pada 21 Maret. “Pemilihan menggunakan aplikasi e-voting. Para calon akan ditampilkan dalam slide saat pemilihan,” jelasnya.

Dia menjelaskan, mekanisme pemilihan menggunakan aplikasi e voting. Menurutnya, setiap pemilih harus memiliki id card. Setelah itu, id card akan di scan. “Kemudian peserta akan masuk ke bilik suara untuk memilih. Panitia akan menyediakan 20 bilik suara,  lengkap dengan handphone tablet dan aplikasi,” jelasnya.

Lanjut, sesudah itu akan muncul nama-nama kandidat, dan pemilih memilih dengan mengklik nama kandidat yang akan dipilih. Setelah itu, akan dikonfirmasikan apakah benar pilihan tersebut. “Jika benar tekan benar, dan jika salah tekan salah. Jika tekan benar akan muncul di aplikasi terima kasih telah berpartisipasi. Jika tekan salah maka, akan kembali ke awal untuk memilih kembali kandidat,” ujarnya.

Ia menambahkan, aplikasi ini membantu, mempermudah dan mempercepat baik dari panitia maupun bagi para pemilih nanti. “Yang dulunya harus memakan waktu satu sampai dua hari, kini dengan aplikasi ini memperhemat waktu,” pungkasnya. (tr 07/ite)

Kirim Komentar