08 Jan 2018 14:36

Jalur Rurukan-Kumelembuai Rawan Longsor

MyPassion
RAWAN LONGSOR: Jalur Rurukan menuju Kumelembuai rawan longsor. Pasalnya, tak ada irigasi di ruas jalan ini untuk menampung air hujan.

TOMOHON—Akses jalan antara Kelurahan Kumelembuai dan Kelurahan Rurukan Kecamatan Tomohon Timur rawan longsor. Terpantau, sepanjang akses jalan ini tidak ditemukan adanya irigasi. Bahkan, akses ini sewaktu-waktu dapat putus akibat pengikisan tanah. Beberapa titik pun mulai agak sulit dilewati karena tertutup tanah bekas longsor yang sampai saat ini belum di angkat.  “Terjadi longsor sekitar September tahun lalu yang menutupi setengah jalan. Dan sampai saat ini belum  ada tindakan dari pemerintah untuk membersikan,” keluh warga sekitar.

Selain timbunan longsor, sepanjang jalan ini mengoleksi puluhan lubang di jalan. “Bahkan kerap ada oknum warga yang membuang sampah di tebing sehingga air tidak bisa jalan makanya jalan mulai terkikis pelan-pelan yang membuat rawan longsor,” terangnya.

Sementara, Kepala Lingkungan IV Kelurahan Kumelembuai Lefran Terok mengakui sudah pernah ada kecelakaan mobil di jalur ini. “Sebelumnya jalan itu nyaman untuk dilalui, tetapi karena tidak ada irigasi makanya air mulai mengikis lapisan tanah sehingga jalan jadi rawan longsor,” katanya.

Kemudian, dia melanjutkan, masalah sampah juga yang membuat semakin parah. Dirinya pun berharap pemerintah dapat memperhatikan. “Karena kalau dibiarkan akses jalan yang menghubungkan warga Kumelembuai akan tertutup. Dan bahkan jika longsor bisa memakan korban,” pungkasnya. (ctr-07/fgn)

Kirim Komentar