08 Jan 2018 14:45

Israel Siap Pasok Listrik di Jalur Gaza

MyPassion
Palestina (Reuters)

MANADOPOST- Otoritas Energi Palestina mengabarkan Israel akan melanjutkan pasokan listrik ke Jalur Gaza. Listrik sebanyak 50 Mega Watt akan dipasok ke Gaza oleh pihak berwenang Israel mulai hari ini.

Seperti dilansir Anadolu Agency, langkah tersebut dilakukan setelah Pemerintah Palestina yang berbasis di Ramallah memutuskan untuk melanjutkan pembayaran listrik yang dikirim ke wilayah pantai yang diblokade tersebut setelah dipangkas pada 2017 sebelumnya, pada pekan lalu.

Hingga Sabtu, sistem pasokan listrik di Gaza beroperasi hanya tiga sampai empat jam per hari. Dengan kembalinya suplai ini, kapasitas listrik di Gaza meningkat menjadi sekitar 210 Mega Watt, mewakili 46 persen kebutuhan aktual 450 Mega Watt dengan tingkat operasional harian tujuh jam.

April lalu, Pemerintah Palestina berhenti membayar pasokan listrik ke Jalur Gaza. Saat itu Jalur Gaza dikuasi oleh pemerintahan Hamas.

Rumah bagi lebih dari dua juta orang Palestina dan juga daerah kantong pantai yang diblokade Israel ini terus mengalami krisis listrik yang lambat laun melumpuhkan kehidupan setempat.

Kekurangan energi kronis telah memaksa pihak berwenang setempat untuk mengadopsi sistem rotasi sementara. Israel saat ini menyediakan Jalur Gaza dengan 120 Mega Watt listrik, sementara Mesir menyediakan 32 Mega Watt. Otoritas Energi Palestina mengatakan, pembangkit listrik yang berfungsi di Gaza mampu menghasilkan hanya 60 Mega Watt.

(iml/JPC)

Kirim Komentar