08 Jan 2018 11:35

Duet `Jebolan` Polres Minsel Pimpin Polresta Manado

MyPassion
Surya Kumara dan Arya Perdana

MANADO—Tak lama lagi Polresta Manado bakal dipimpin duet Kapolresta Kombes Pol FX Surya Kumara dan Wakapolresta AKBP Arya Perdana. Jika resmi dilantik, duet ini merupakan ‘jebolan’ Polres Minahasa Selatan. Karena FX Kumara dan Arya Perdana sama-sama pernah memimpin sebagai Kapolres di Minsel.

 

Diketahui, ada tiga jabatan utama mengalami mutasi di jajaran Polda Sulut. Masing-masing Kapolresta Manado Kombes Pol Hisar Siallagan beserta Wakilnya AKBP Enggar Brotoseno dan Kapolres Minahasa Selatan AKBP Arya Perdana.

Kapolresta Manado Kombes Pol Hisar Siallagan saat dikonfirmasi membenarkan mutasi tersebut. “Iya betul. Saya mendapat tanggung jawab yang baru,” ungkapnya kepada Manado Post semalam. Terkait Sertijab, mantan Kapolres Bolmong ini mengatakan, saat ini dirinya masih menunggu instruksi Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito.

“Karena proses sertijab akan dipimpin langsung Pak Kapolda. Intinya, saya bersyukur bisa diberikan kesempatan mengabdi dan melayani masyarakat Kota Manado. Selama lebih dari satu setengah tahun saya menjadi Kapolresta, sudah banyak perubahan. Perubahan mulai dari segi keamanan kota maupun juga kualitas jajaran kepolisian di Polresta Manado,” katanya.

Hisar juga mengaku senang dan bahagia bisa membawa perubahan yang cukup signifikan terkait keamanan Manado. Menurutnya, semua pencapaian Polresta Manado adalah berkat dukungan semua masyarakat. “Saya ingat, waktu saya baru menjabat. Kota Manado itu sarat kejadian tarkam menggunakan senjata tajam dan panah wayer. Namun saya bersyukur selama menjabat sampai saat ini, tarkam di Manado menurun signifikan.

Intinya, jika itu bisa membawa kesan dan bahagia bagi masyarakat, itu juga sudah membahagiakan buat saya. Namun saya yakin itu semua bukan hanya karena saya, tapi juga karena kerja keras jajaran kepolisian Polresta Manado yang bekerja sinergi,” tutur perwira tiga melati.

Diketahui Kombes Pol Hisar Siallagan segera menjabat Kasubditlatsatwa Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri. Hisar hanya berganti posisi dengan Kombes FX Surya Kumara. Hisar juga berharap, penggantinya bisa bekerja dengan baik membangun keamanan kota Manado. “Memang masih banyak pekerjaan rumah yang saya tinggalkan. Namun saya berharap, Kapolresta baru yang akan menggantikan saya bisa menjalankan tugas dengan baik. Terlebih melanjutkan membawa keamanan yang nyata untuk kota Manado,” pungkas perwira berpangkat tiga bunga ini.

Terkait mutasi Kapolresta Manado, pengamat hukum Dr Jhony Lembong mengatakan, kinerja kepolisian selang setahun lebih ini cenderung membaik. Hal tersebut dilihat dari penurunan angka kriminalitas tidak terlepas dari usaha keras pihak kepolisian. “Yakni berhasil mengungkap dan memusnahkan berbagai macam minuman keras yang beredar luas di pasaran. Sehingga orang-orang tidak lagi bebas mengkonsumsi miras, karena itu bisa memicu tindakan kriminal,” kata dosen Hukum Unsrat tersebut.

Tak hanya itu, Lulusan Doktor Universitas Indonesia (UI) ini menilai, penurunan angka kriminalitas seakan mengisyaratkan bahwa saat ini masyarakat sudah mulai memiliki kepercayaan pada pihak kepolisian. “Kebanyakan masyarakat yang sudah tidak ingin main hakim sendiri. Karena mereka sudah mulai menyadari fungsi kepolisian untuk menjaga keamanan,” jelasnya.

Untuk itu dia berharap dengan adanya pergantian Kapolresta Manado ini, dapat terus menekan angka kriminalitas di Manado. “Selang beberapa tahun ini memang kinerja kepolisian sangat harus diapresiasi. Dan untuk pergantian ini saya harap dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Pun dalam menegakkan hukuman bagi para pelaku kriminalitas. Dan terobosan-terobosan yang baru sangat diperlukan agar angka kriminalitas di Kota Manado bisa semakin ditekan,” pungkasnya.

Diketahui, untuk Wakapolresta saat AKBP Enggar Brotoseno diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasubdit Kepemerintahan Ditpolitik Baintelkam Polri dan digantikan Kapolres Minsel AKBP Arya Perdana. Untuk Kapolres Minsel kini dijabat AKBP Winardi Prabowo yang sebelumnya menjabat Kasubdit III Ditreskimsus Polda Kalsel. Mutasi di tiga jabatan tersebut berdasarkan keputusan Kapolri Nomor: Kep/4/1/2018 tanggal 5 januari 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Jabatan di Jajaran Polri, yang tertuang melalui surat Telegram Kapolri Nomor: ST/16/I/2018 tanggal 5 Januari 2018.(tr-06/gnr)

Kirim Komentar