08 Jan 2018 14:20

Boltim Kecipratan DAK 101 Miliar

MyPassion

BOLTIM--Pemerintah Kabupaten Boltim terus memacu pembangunan lintas sektor. Untuk 2018, Kabupaten berumur sembilan tahun ini, mendapat jatah Dana Alokasi Khusus (DAK) regular sebesar Rp 101 miliar. Paling besar untuk pembangunan jalan sebesar Rp 55 Miliar.

Sebelumnya, Bupati Boltim Sehan Landjar menegaskan, pejabat yang dipercayakan sebagai kepala satuan kerja harus mampu melobi anggaran di pemerintah pusat. "Hanya satu dua yang mampu. Pejabat harus inovatif, jangan berharap pada APBD. Lobi anggaran DAK di kementerian," tegas Landjar.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolah Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Oscar Manoppo mengungkapkan, tahun 2018 pos anggaran yang ditetapkan sebanyak Rp 605 miliar. "Prioritasnya di berbagai sektor (grafis). Tapi yang terbesar adalah pembangunan jalan," ungkap Manoppo.

Manoppo menambahkan, diawal tahun ini masih akan ada pergeseran anggaran menyesuaikan dengan tambahan dana pusat yang masuk. "APBD sudah jalan. Bahkan sudah dibayarkan gaji dengan anggaran Rp 7,4 miliar. Pergeseran untuk mengakomodir anggaran Rp 60 miliar dari pusat agar bisa jalan bersama APBD induk," jelas Manoppo.

Dirinya menambahkan, selain DAK Reguler juga ada DAK non fisik dengan total aggaran Rp 26 miliar. "Sama halnya DAK reguler, DAK non fisik tidak bisa dialihkan untuk pemanfaatan pembiayaan program lain," tandas Manoppo.(cw-02/ite)

Kirim Komentar