06 Jan 2018 13:33

Yasti Bongkar Kabinet, 295 Pejabat Tempati Posisi Baru

MyPassion
ROMBAK: Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow saat melantik pejabat dari eselon II, III, IV hingga para camat di lingkup Pemkab Bolmong, kemarin (5/1). Foto: Dewi Muntia/MP

BOLMONG—Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow menepati janjinya untuk melakukan penyegaran jabatan atau rolling. Jumat (5/1) kemarin, mantan anggota DPR RI membongkar susunan kabinetnya. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 821.2/B.03/BKPP/SK/01/2018 tercatat, ada 295 pejabat yang dirombak.

Diantaranya 2 jabatan asisten, 24 kepala dinas/badan, kepala inspektorat, 2 staf ahli, 12 camat dan sejumlah jabatan eselon III dan IV lainnya. Bahkan, ada 50 nama yang non job.  “Saya percaya saudara-saudara akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebaik-baiknya.Dan kiranya amanah dan kepercayaan dapat dijalankan dengan penuh perhatian, komitmen, loyalitas, dan tanggungjawab yang tinggi,” ujar Yasti usai melakukan rolling, kemarin.

Yasti berharap, momentum dan pengambilan sumpah ini diharapkan menjadi semangat baru dalam menata aktivitas Pemkab Bolmong ke arah yang lebih baik. “Berkenaan dengan hal tersebut, maka pelantikan pejabat stuktural pada hari ini (kemarin, red) bukan hanya formalitas pendistribusian jabatan ataupun pengisian jabatan yang lowong, serta bukan sekedar menempatkan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu,” katanya.

“Melainkan sebagai sarana penguatan, pengembangan, dan pemberdayaan potensi diri. Dalam peningkatan kompetensi,” ungkapnya. Bagi pemangku jabatan pelaksana tugas, Yasti berpesan, pejabat definitif posisi ini ini dilaksankan melalui lelang jabatan. Dan ini memberikan peluang pada siapa saja untuk ikut dalam lelang jabatan. “Saya ingatkan untuk tidak membanding-bandingkan jabatan. Karena semua jabatan sama dan setara. Tidak ada perangkat daerah yang jabatannya ‘mata air’ atau ‘air mata’,” ujar Yasti.

Dia menambahkan, keluarga pejabat yang baru dilantik harus tetap memberikan dukungan dan motivasi. Sehingga tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan dapat dilaksanakan dengan baik. “Ini baru tahun pertama kita menjalankan visi dan misi kita. Mohon doa dan dukungan. Supaya saya dan pak Yanny bisa. Hal ini masih akan dilakukan evaluasi selama enam bulan. Dan pertengahan bulan ini akan dilakukan lelang jabatan. Kan yang Pelaksana Tugas (PLT) harus dilelang,” katanya.

Acara pelantikan kemarin, dimulai dari tepat pukul 08.00 Wita. Ratusan orang di lobi kantor bupati memadati acara pengambilan sumpah dan serah terima jabatan pejabat ini. Turut hadir Sekertaris Kabupaten (Sekkab) Tahlis Galang, Ketua TP-PKK Bolmong Lesly Kaligis bersama Forkopimda. (tr-01/fgn)

12
Kirim Komentar