06 Jan 2018 08:57
Pilbup Minahasa-Sitaro-Bolmut Superpanas

Tetty-OD Perang

MyPassion

MANADO—Partai Golkar (PG) head to head dengan rival lama PDI Perjuangan (PDI-P). Perang terbuka Ketua PDI-P Sulut Olly Dondokambey dan Ketua PG Sulut Christiany ‘Tetty’ Paruntu tak terhindarkan.

 

Semalam, bertempat di Jakarta, DPP Partai Golkar mengumumkan Surat Keputusan (SK) pencalonan Pilkada di enam daerah di Sulut. Golkar akan berhadapan dengan PDI-P di Minahasa, Sitaro, dan Bolmong Utara. Sementara di tiga daerah lainnya, Golkar menjadi ‘pengikut’ PDI-P, karena ikut mendukung calon yang diusung partai berlambangkan banteng moncong putih itu. Di antaranya di Minahasa Tenggara (Mitra), Kotamobagu, dan Talaud.

Meskipun di Kotamobagu, Golkar bisa mengusung calon dan di Mitra, partai berlambangkan Pohon Beringin itu, punya kader potensial. "Keputusan DPP Golkar ini mengacu pada hasil survei. Siapa tertinggi dia yang diusung. Sementara untuk pilihan wakil, aturannya sesuai keinginan calon bupati," terang Sekretaris PG Sulut Tonny Lasut, saat dihubungi usai pengumuman calon dari DPP PG, semalam.

Senada Wakil Ketua Golkar Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) Feryando Lamaluta. "Keputusan ini sudah melalui beberapa kajian. Tentu berdasarkan hasil survei. Serta komunikasi politik dengan beberapa parpol," ujar Lamaluta, yang juga Jubir PG Sulut ini. Karena menargetkan kemenangan di enam daerah, lanjut pria flamboyan ini, maka PG ikut bergandengan tangan dengan parpol lain. "Keenam pasangan calon diberikan rekomendasi dari Golkar sebagai partai pengusung. Jadi, Golkar targetkan menang di enam daerah penyelenggara Pilkada di Sulut," tandasnya.

Melihat peta kekuatan di Minahasa, Sitaro, dan Bolmong Utara, Golkar bisa dikatakan percaya diri. Calon yang diusung di Minahasa, Ivan Sarundajang-Careig Naichel Runtu (IvanSa-CNR) punya massa fanatik. Bahkan, pasangan calon (paslon) ini, diprediksi mampu memecah belah suara lawan politik mereka, PDI-P. Selain Golkar, IvanSa-CNR juga mengantongi SK dari Partai NasDem dan sudah lebih dulu melakukan sosialisasi dibanding calon dari PDI-P yang hingga tadi malam, belum diumumkan.

Di sisi lain, banteng butuh kerja keras. Sejumlah nama bermunculan di injury time. Seperti Jantje Wowiling Sajow (JWS)–Robby Dondokambey (RD), Royke Octavianus Roring (ROR)–Robby Dondokambey (RD). Sekretaris PDI-P Sulut Franky Wongkar mengatakan, calon dari Minahasa belum diumumkan. “Masih berproses di DPP,” singkat Wongkar.

Senada Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI-P Sulut Lucky Senduk. Saat ini, dirinya sedang berada di Jakarta untuk mendampingi penyerahan SK calon PG, yang ikut mendukung calon banteng di Mitra dan Talaud. “Kalau SK Cabup Minahasa, sedang diproses. Kita target menang di semua daerah, jadi memang butuh kajian matang,” tegas Senduk.

123
Kirim Komentar