06 Jan 2018 13:17

Target 1,1 Triliun, OD Minta PAD Harus Capai

MyPassion

MANADO—Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) harus capai. Dari total target pendapatan Rp 3 triliun, khusus PAD menyentuh angka Rp 1,1 triliun. Angka tersebut dibagi atas pajak daerah, retribusi, hasil pengelolaan kekayaan, hingga PAD lain-lain yang sah.

Paling besar pajak daerah. Gubernur Olly Dondokambey menekankan, PAD tahun ini harus capai. “Itu salah satu prioritas kita. Karena PAD ini membantu pembangunan,” ujar Olly. Dia meminta instansi teknis melakukan inovasi untuk memantapkan pemungutan PAD di 2018 ini.

Kepala Sub Bagian Analisis dan pengelolaan data dan pendapatan Merry Sembe mengatakan, pihaknya akan memacu semua sektor agar target PAD bisa capai. “Berbagai tindakan dan inovasi kami lakukan. Seperti Samsat Hunting, Samsat Maslming, dan Samsat Keliling. Itu dilakukan untuk memacu PAD agar terealisasi sesuai target,” ucapnya.

Dia menambahkan, tahun lalu capaian target 100 persen. “Itu yang akan kami capai tahun ini. Kami berkomitmen mewujudkan pelayanan publik prima, untuk memacu PAD,” sebut Sembe.

Di sisi lain, menurut Humas BP2RD Michael Langelo, program yang diatur tahun ini yaitu razia kendaraan bermotor rutin, pemungutan dengan melakukan penagihan langsung ke lokasi wajib pajak, dan pengawasan lapangan terkait pemungutan retribusi.

“Kami juga meningkatkan pendapatan melalui tax amnesty atau keringanan serta pengurangan pokok pajak dan pembebasan denda bahkan bea balik nama. Realisasinya keseluruhan pajak kendaraan dan bea balik nama setelah diberikan pengurangan maka mendapatkan hasil 2 miliar untuk 1.031 kendaraan. Hal-hal ini yang akan terus dilakukan pemerintah untuk meningkatkan PAD Sulut,” tandasnya.(ctr-03/gel)

Kirim Komentar