06 Jan 2018 13:26
Dikembangkan jadi Objek Wisata Unggulan

Gunung Tumpa Uji Adrenalin

MyPassion
HARUS DIKUNJUNGI: Gunung Tumpa dikembangkan oleh pemerintah menjadi objek wisata alam unggulan. foto: Reza Mangantar/MP

MANADO—Berada di ketinggian 750 meter di atas permukaan air laut, menjadikan Gunung Tumpa lokasi yang memiliki keindahan dan pesona tersendiri. Tak ayal setiap hari tempat tersebut selalu ramai dipadati para wisatawan. Bukan hanya wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara.

 

Jumat (5/1) kemarin, sekira pukul 10.00 Wita, sepanjang jalan ke arah Tongkaina Kecamatan Bunaken mulai ramai. Puluhan kendaraan beroda dua dan empat, menghiasi ruas jalan. Sebagian besar mengarah ke Gunung Tumpa. Seperti yang dituturkan salah satu pengemudi mobil Inova hitam, Adi. Pada koran ini dirinya mengaku, di akhir pekan ini bersama keluarga mengunjungi gunung tersebut. “Sengaja pilih hari Jumat, biar jalanan sepi.  Tapi ternyata ramai juga,” ungkapnya. 

Warga asal Kotamobagu tersebut menambahkan, dirinya baru kali pertama mengunjungi lokasi tersebut. “Karena banyak yang bilang bagus. Jadi sebelum balik (Kotamobagu) mampir dulu,” tambahnya.

Pun dengan Arif Triyanto. Sudah hampir sepekan ini, dirinya menunggu waktu yang pas untuk mengunjungi gunung tersebut. Meskipun bukan kali pertama, namun dia tetap selalu punya rasa penasaran terhadap semua bangunan dan keindahan yang ada di atasnya. “Ini sudah kali ketiga. Soalnya belum semua spot saya datangi, target hari ini saya akan keliling gunung,”akunya sambil melanjutkan perjalanan.

Untuk sampai ke gunung tersebut butuh sedikit perjuangan. Membutuhkan waktu sekitar 30-50 menit. Tergantung jenis kendaraan. Puncaknya yang tinggi, cukup menguji adrenalin. Apalagi bagi yang menggunakan mobil. Namun saat berada di puncak, semua pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan indah. “Sebagian wilayah Manado akan terlihat dari atas gunung ini. Tempatnya  bagus dan menakjubkan,” puji Anahata, salah satu pengunjung asal Jakarta Selatan.

Di atas gunung tersebut bukan hanya gedung-gedung tinggi saja yang dapat terlihat. Pun pulau-pulau indah di Kota Manado bakal jadi pemandangan menarik. Seperti Bunaken, Siladen, dan Manado Tua.

Masuk ke tempat tersebut tidak perlu bayar. Hal inilah yang membuat para pengunjung betah berlama-lama.

Banyak di antara pengunjung yang mengharapkan pemerintah agar terus melestarikan dan menjaga keindahannya.  “Kalau sekarang masih bisa bebas, datang kapan saja. Semoga para pengunjung lain tidak akan merusak tempat ini,” harap Stevani, pengunjung.

Kian sore para pengunjung semakin banyak. Bahkan ada yang dari Amerika, Korea, Tiongkok, dan Belgia. “Gunung itu alam terbuka. Jadi banyak hal yang bisa dilakukan di atas gunung. Ini sangat luar biasa,” papar Wouter Steve, salah satu pengunjug asal Belgia, melalui penerjemah bahasanya, Jumat (5/1) kemarin.

Terpantau, hingga Pukul 15.00 Wita gunung  tersebut masih tetap ramai. Beberapa orang sengaja tetap berada di sana untuk melihat keindahan sunset dari ketinggian. Bukan hanya itu saja, di sekitar gunung terdapat beberapa tenda. Banyak orang memilih melakukan camping.

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut menjanjikan lokasi ini akan terus dibenahi untuk jadi objek wisata andalan Manado. “Akan kita benahi, berkoordinasi dengan Pemprov. Gunung Tumpa jadi aset bersama yang harus dijaga dan lestarikan,” tandas Lumentut.(ayurahmi/gel)

Kirim Komentar