06 Jan 2018 13:30

Awas!! Status Medsos Dipantau

MyPassion

MANADO—Pengguna media sosial (medsos) harus berhati-hati membuat status dan mengomentari status berbaur ujaran kebencian. Sebab dipantau langsung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kominfo Kota Manado Erwin Kontu, Jumat (5/1) kemarin.

 

Menurut Kontu, Kominfo memiliki aplikasi yang secara khusus memantau ujaran kebencian di Medsos. Jadi otomatis akun yang membuat status maupun mengomentari langsung terdeteksi. ”Kemudian hasilnya langsung dilaporkan ke pihak berwajib dalam hal ini kepolisian,” ungkapnya.

Selain itu, Kominfo memberikan batas waktu sampai 28 Februari 2018 bagi pengguna ponsel untuk mendaftarkan sim card sesuai KTP dan Kartu Keluarga. ”Jadi lewat 28 Februari masih diberikan waktu satu minggu. Jika tidak mendaftarkan maka langsung di-nonaktifkan nomornya,” terang Kontu. Dia menambahkan, pendaftaran sim card dengan menggunakan KTP untuk memantau penggunaan ponsel. Karena sekarang ponsel sudah dijadikan alat untuk memperlancar kejahatan.(ite/gel)

Kirim Komentar