06 Jan 2018 13:10
Pengamat Sorot Rekrutmen Parpol

Anjurkan Cepat Mendaftar

MyPassion
Yessi Momongan

MANADO—KPU menyarankan calon peserta pilkada bila telah memiliki berkas lengkap pada 8 Januari segera mendaftar. Hal ini diungkapkan Ketua KPU Provinsi Sulut Yessi Momongan.

Menurutnya, calon peserta harus melengkapi beberapa berkas seperti bukti pengusungan dari partai polik (parpol). “Juga surat pernyataan kesepakatan antara parpol. Pendaftaran harus mengikuti PKPU Nomor 15 tahun 2017. Syarat pencalonnanya pada umumnya tidak jauh berbeda dengan pilkada yang lalu. Perbedaannya hanya pada teknisnya dan itu sudah kami sosialisasikan kepada partai politik yang memiliki kursi,” tutur Momongan.

Lanjutnya, KPU berharap calon perseorangan ataupun yang diusung partai agar dapat melengkapi berkas. Bila memang ditemukan kesalahan maka, menurut Momongan, masih bisa diperbaiki pada masa perbaikan.

“Untuk calon perseorangan wajib memasukan beberapa dokumen seperti bukti dukungan di daerah tersebut dan juga penyebarannya. Dan untuk perseorangan ada banyak item yang harus dia masukan dalam pendaftaran nanti,” tandasnya.

Terpisah, pengamat politik Dr Ferry Linado mengatakan, UU Pilkada menyebutkan proses rekrutmen calon kepala daerah oleh parpol harus dilakukan secara demokratis dan terbuka kepada publik. Fakta di Sulut tidak ada satu parpol yang melakukannya.

“Tahapan pendaftaran harus dilakukan sebaik-baiknya agar menghasilkan kepala daerah yang berkualitas. Tahapan demi tahapan dalam pelaksanaan pilkada juga harus dilakukan secara terbuka oleh penyelenggara agar masyarakat dapat menilai hal tersebut dan turut berpartisipasi dalam menjaga pilkada agara berjalan secara sehat,” sebut Liando. (ctr-03/can)

Kirim Komentar