05 Jan 2018 10:03

Transportasi Laut Masih Tinggi Peminat

MyPassion

MANADO—Transportasi laut nyatanya masih tinggi peminat. Khusus di Sulut, jumlah penumpang angkutan laut menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) untuk bulan November 2017 sebanyak 65 ribu penumpang. Angka ini naik dari 34,29 persen dari bulan yang sama tahun 2016. Dimana, penumpang berangkat tercatat hanya 49 ribu (lihat grafis, red).

Kepala BPS Sulut Muhamad Edy Mahmud menuturkan, data angkutan laut ini berasal dari 12 pelabuhan di Sulut. “Terlihat ada peningkatan minat penumpang angkutan laut. Terlihat dari naiknya jumlah penumpang baik datang dan berangkat,” singkat Edy.

Terpisah, pengamat transportasi Sulut Semuel Rompis ST MT MEng PhD mengungkapkan, peningkatan jumlah penumpang kapal laut karena minat masyarakat menggunakan transportasi laut masih tinggi. “Kapal laut memang umumnya lebih diminati orang untuk perjalanan dengan jarak yang relatif pendek. Misalnya ke Sangihe dan Talaud,” katanya.

Selain karena hanya berjarak dekat, harga yang relatif jauh berbeda antara kapal laut dan pesawat juga jadi penyebab. “Sedangkan pesawat akan lebih diminati masyarakat untuk perjalanan dengan jarak relatif jauh misalnya ke Pulau Jawa atau luar Sulut. “Yang menentukan pemilihan moda transportasi biasanya adalah waktu dan biaya perjalanan,” katanya.

Akademisi Unsrat ini menurutkan, daya tarik angkutan laut juga ada di bagasi. “Lebih banyak dan lebih murah bagasi yang bisa dibawa,” ungkapnya. Dirinya pun mengatakan, peningkatan jumlah penumpang ini juga disebabkan perekonomian Sulut yang membaik.  

“Meningkatnya perjalanan laut mengindikasikan juga adalah meningkatnya perjalanan yang dilakukan masyarakat dengan jarak pendek. Peningkatan jumlah penumpang dengan jarak pendek mungkin juga berhubungan dengan semakin membaiknya ekonomi di Sulut,” tutup Rompis. (asyer/fgn)

Kirim Komentar