05 Jan 2018 13:47

Terminal Tangkoko Kembali Berfungsi

MyPassion
KEMBALI DIFUNGSIKAN: Terminal tipe A Tangkoko yang belum selesai 100 persen, tetapi sudah diaktifkan kembali. Foto: Reza Abdillah/MP

BITUNG—Terminal Tipe A Tangkoko akhirnya kembali berfungsi dengan normal. Pantauan Manado Post, walaupun belum rampung 100 persen, namun aktivitas turun naiknya penumpang sudah difungsikan. Walaupun hanya menggunakan halaman terminal.

Ketua AKDP Bitung Ferdy Kaloh mengatakan, saat terminal diarahkan ke pelataran pasar Sagerat, banyak masyarakat yang mengeluhkannya. “Apa yang kami lakukan, sepenuhnya murni untuk kepentingan masyarakat. Terutama terhadap pembayaran tarif angkot. Sebab tarif angkot yang hanya Rp4 ribu, seringkali dinaikkan sampai Rp15 ribu.

Terutama pada malam hari. Ada juga oknum yang melakukan penghadangan untuk tetap di pasar Sagerat, karena mereka punya kepentingan pribadi. Namun merugikan masyarakat. Maka dengan segala konsekuensi yang ada, kami mengambil keputusan untuk pindah kembali di Terminal Tangkoko,” jelasnya.

Lanjut Kaloh, cepat atau lambat ketika sudah rampung tetap akan dikembalikan ke terminal tipe A ini. “Kami mengambil keputusan demi kepentingan masyarakat umum. Sementara kita gunakan sayap gedung terminal. Walaupun memang belum bisa digunakan, karena belum diresmikan. Namun sudah berkoordinasi dengan organda, AKDP dan AKAP beserta kepala terminal. Dan semua setuju. Serta telah berkoordinasi dengan balai pengelola transportasi darat (BPTD) Sulut,” terangnya.

Senada disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Bitung Vicky Sangkaeng, pemindahan lokasi terminal ke pelataran pasar Sagerat beberapa waktu lalu, dikarenakan renovasi yang dilakukan di terminal Tangkoko. “Cuma karena masalah pindah lokasi. Sebab, terminal yang sah sesuai peraturan adalah terminal tipe A Tangkoko. Tapi karena dalam proses perbaikkan, beberapa waktu lalu sementara dipindahkan ke pelataran pasar Sagerat. Ketika sudah selesai, maka fungsi terminal dikembalikan ke terminal Tangkoko,” terangnya.

Namun tambah Sangakeng, ketika mulai dikembalikan ke lokasi sebenarnya sempat terjadi gesekan. “Banyak terjadi pelanggaran sewaktu terminal diperbantukan di pasar Sagerat. Makanya sopir AKAP, Angkot dan AKDP serta organda, sepakat untuk memindahkan kembali ke terminal Tangkoko. Dan sudah menyurat resmi ke Wali Kota,” kata Sangkaeng membenarkkan, untuk terminal tipe A ini memang belum rampung seratus persen.

“Memang saat ini belum selesai seratus persen, tapi kami telah koordinasi dengan Balai Kementerian Terminal tipe A. Dan sudah ada toilet dan tempat berteduh, itu yang penting. Kapolres juga tegas, mengatakan, semua oknum preman yang menghalangi akan ditindak. Karena kami seharusnya memperlancar, tapi ada oknum yang menghalangi,” tegasnya.(cw-03/ria)

Kirim Komentar