05 Jan 2018 14:26

Polres Tomohon Koleksi 142 Kasus Lakalantas

MyPassion

TOMOHON—Angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Polres Tomohon cukup tinggi. Data yang dibeber Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tomohon menunjukan, jumlah Lakalantas mencapai 142 kasus. Kerugian materil mencapai Rp 723 juta.

Kasat Lantas Polres Tomohon AKP Dody Yudianto Arruan mengatakan, angka jumlah kecelakaan ini masih cukup tinggi.  “Kepada seluruh pengguna jalan harus hati-hati saat berkendara dan mematuhi semua peraturan dan rambu-rambu lalu lintas,” ucapnya.

Dia menambahkan, terjadinya kecelakaan karena para pengendara tidak mematuhi aturan-aturan yang sudah diberlakukan. “Kebannyakan dari mereka karena sudah mengkonsumsi minuman keras serta kendaraan tidak layak jalan,” pungkasnya.

Sementara, pengamat hukum Drs Wenly Lolong SH MH mengatakan,  razia untuk memeriksa kendaraan dan kelengkapan wajib dilakukan. Hal ini untuk menekan jumlah kasus kecelakaan lalu lintas. “Selain itu tujuan terpenuhinya persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan. Kemudian terpenuhinya kelengkapan dokumen registrasi dan identifikasi pengemudi dan kendaraan,” ucapnya.

“Tentu dari aspek tujuannya maka kerja kepolisian ini harus didukung oleh masyarakat. Walau demikian diharapkan pula kepolisian secara institusi harus mendidik individu aparat untuk bekerja secara profesional,” tutupnya. (ctr-07/fgn).

Kirim Komentar