05 Jan 2018 09:13
Golkar Makin Misterius

JWS-JS-EVA Jagoan PDI-P

MyPassion

MANADO—Menghitung hari menuju pendaftaran bakal calon di Komisi Pemilihan Umum (KPU) 8-10 Januari, pekan depan. Sebagian partai politik di Sulawesi Utara (Sulut) sudah buka-bukaan mengumumkan siapa jagoan mereka. Paling ditunggu masyarakat adalah calon dari PDI Perjuangan dan Partai Golkar. Sayangnya, sampai tadi malam dua partai besar ini belum secara keseluruhan mengumumkan kandidat yang diusung.

 

Dari informasi, khusus PDI Perjuangan, dari enam daerah, tinggal Minahasa yang belum memiliki nama calon pasti. Lima lainnya sudah diputuskan. Meskipun baru tiga daerah (Bolmong Utara, Kotamobagu, dan Talaud) yang mengantongi Surat Keputusan (SK).

Dua lainnya, Kepulauan Sitaro dan Minahasa Tenggara (Mitra) walaupun SK belum keluar, namun kandidat yang diusung sudah diketahui. Di Sitaro, partai berlambangkan kepala banteng ini, mengusung Evangelian Sasingen di posisi calon bupati berpasangan dengan John Palandung.

Selanjutnya di Mitra, nama baru muncul di kandidat wakil bupati di Mitra. Jika sebelumnya dijagokan Ronald Kandoli, di-injury time PDI Perjuangan mengeluarkan keputusan jika pasangan James Sumendap (JS) adalah Joke Legi, Ketua PAC PDI Perjuangan Tombatu.

Di sisi lain, imbas belum adanya calon pasti banteng di Minahasa, berbagai spekulasi bermunculan. Jantje Wowiling Sajow (JWS) yang adalah incumbent sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Minahasa belum dipastikan diusung. Muncul nama Robby Dondokambey dan Careig Naichel Runtu (CNR). Ketua PDI Perjuangan Sulut Olly Dondokambey saat dimintai tanggapan soal kabar ini membantahnya. “Itu hanya isu saja,” singkat Olly, kemarin.

Di tempat terpisah, Sekretaris PDI Perjuangan Sulut Franky Wongkar saat diwawancarai tadi malam mengatakan, DPP sedang menggelar rapat terkait pencalonan di semua daerah di Indonesia, termasuk Sulut. “Baru tiga daerah yang keluar SK. Sisanya masih digodok,” beber Wongkar.

Selanjutnya mengenai calon di Minahasa, Wakil Bupati Minahasa Selatan (Minsel) ini mengakui, partai butuh kajian lebih dalam untuk menentukan calon. “Memang Minahasa sedikit istimewa. Ada kajian mendalam. Ini semata untuk mewujudkan cita-cita PDI Perjuangan yakni kepentingan dan kesejahteraan rakyat,” tandasnya.

Sementara dari sumber resmi Koran ini, peluang JWS untuk diusung jadi calon banteng masih ada. “Tapi bukan tidak mungkin nama JWS dilengserkan. Minahasa akan ditentukan esok (hari ini) atau malah injury time,” bisik sumber resmi harian ini.

12
Kirim Komentar