05 Jan 2018 14:25

Gaji ASN Segera Dibayar, Paling Lambat Pekan Depan

MyPassion

SANGIHE—Kabar gembira bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Teka-teki kapan pembayaran gaji awal tahun dipastikan dalam waktu dekat segera terbayar.

 

Kepala Badan Keuangan Setda Sangihe Femmy Montang menyebutkan, saat ini bagian keuangan sementara dalam persiapan pembayaran gaji ASN. “Paling lambat pekan depan. Saya berharap teman-teman ASN bersabar,” tutur Montang, Kamis (4/1).  Sementara untuk Dana Alokasi Umum (DAU) yang biasanya akhir Desember sudah masuk, katanya baru masuk Kamis (4/1) kemarin. “DAU yang masuk per tahun yakni Rp.518.472.055.000,” jelasnya.

Ditambahkan Sekretaris Badan Keuangan Setkab Risdyanto Patras SH, pencairan gaji para abdi negara ini tinggal menunggu pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan bendaharanya, untuk lakukan spesimen ke bank. “Karena saat apel perdana sudah diberikan secara simbolis surat keterangan bupati bagi bendahara SKPD,” jelas Patras. Lanjut Patras, kemungkinan pencairan gaji normal sekitar satu dua hari ke depan, jika pimpinan SKPD dan bendahara bergerak cepat ke bank. “Paling lambat minggu depan sekitar tanggal 8 Januari 2018 bisa dibayar,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Perbendaharaan Anna Rakinaung SE AK MSi mengatakan, penataan kembali tertib administrasi keuangan ASN Kepulauan Sangihe sudah selesai. “Di tahun 2018 setiap ASN telah melakukan registrasi kembali data keluarganya. Dan gaji ASN Kepulauan Sangihe keseluruhannya sebanyak Rp.16.274.220.668 bagi 3.969 ASN," beber Anna.

Lanjutnya, tertib administrasi dilakukan untuk pemeriksaan keuangan dan menghindari pembayaran gaji yang kelebihan. Sebab, saat ini banyak orang yang tidak jujur. Misalnya sudah cerai dengan istri, tapi masih masuk dalam daftar gaji, sehingga ada kelebihan di pembayaran gaji. “Jika kedapatan gaji kelebihan, maka kami harus memanggil bendahara Perangkat Daerah dari ASN, kemudian segera dipotong,” tegasnya.(tr-08/gnr)

Kirim Komentar