05 Jan 2018 13:24

Emergency Call 112 Aktif, Kontu: 15 Menit Petugas Akan Datang

MyPassion

MANADO—Mulai tahun 2018, jika emergency warga bisa telepon 112. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Manado Erwin Kontu SH mengatakan, layanan call center 112 sudah aktif. Jika masyarakat ada bahaya bisa menelpon layanan 112. Laporan akan tersambung langsung ke petugas yang ada Command Center Kominfo. ”Setelah itu petugas akan meneruskan laporan tersebut ke dinas bersangkutan. Dalam waktu 15 menit petugas reaksi cepat akan datang menolong dan membantu,” ungkapnya.

 

Dia mengatakan, ada delapan petugas call center 112 yang akan stand by 1x24 jam untuk menerima laporan dari masyarakat. Menurutnya, ada lima dinas yang berhubungan pelayanan publik sudah siap menerima keluhan masyarakat. Dijelaskan Kontu, kalau ada keluhan kebakaran petugas pemadam kebakaran akan datang cepat.

Begitu juga keluhan sampah dan pohon tumbang Dinas Lingkungan Hidup bakal turun langsung mengatasi. “Kalau ada masalah kemacetan, pelanggaran lalu lintas Dinas Perhubungan akan langsung turun. Jika ada warga sakit butuh mobil ambulans Dinas Kesehatan siap membantu,” jelasnya.

Menurut Kontu, call center 112 ini merupakan komitmen dari Wali Kota Manado dan Wakil Wali Kota Manado meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Tinggal telepon 112 petugas reaksi cepat langsung datang membantu,” tandasnya.

Kepala BPBD Kota Manado M Tatahede mengatakan, pihaknya sangat mendukung call center 112 untuk mendekatkan pelayanan masyarakat. “Kami sudah siapkan petugas untuk merespon laporan dari masyarakat,” singkatnya.

Senada diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan dr Robby Mottoh. Menurutnya,  kalau laporan masuk di layanan 112 pihaknya akan langsung meneruskan pesan tersebut ke Puskesmas. “Nanti dari Puskesmas yang ada datang membantu masyarakat,” tandasnya.(ite/gel)

Kirim Komentar