05 Jan 2018 14:20

4 Kandidat Mencuat dalam Pertarungan di Pilkada Talaud

MyPassion

TALAUD—Perhelatan politik pemilihan bupati dan wakil bupati Talaud bakal berlangsung sengit. Nama-nama bakal calon (balon) yang akan bertarung dalam pilkada di tanah Porodisa semakin jelas. Beberapa calon mulai memperoleh rekomendasi partai politik. Adapun jumlah perolehan kursi di DPRD Talaud ada 20 kursi, yang dibagi atas lima fraksi. Dengan pembagian empat fraksi utuh dan satu fraksi gabungan. Gambaran perolehan kursi partai pada DPRD Talaud, sejatinya akan membuka peluang lebih dari satu calon yang akan menghiasi proses pilkada di kabupaten perbatasan ini.

 

Sri Wahyumi Maria Manalip (patahana) dan Gunawan Talenggoran (wakil ketua DPRD) memilih jalur Independen. Begitupun dengan Handri Piter Poae dan Clartje Silvia Awulle, yang juga mendaftar melalui jalur perseorangan. Masing-masing telah lolos dalam verifikasi faktual oleh KPU Talaud.

Sementara untuk calon yang nantinya diusung partai politik, diperkirakan hanya dua kandidat yang hampir pasti. Partai Nasdem dan PKPI mengusung Kandidat Elly Lasut-Mokhtar Parapaga. PAN, Hanura kemungkinan akan bergabung. Sementara PDI-P kepincut mengusung Welly Titah-Heber Pasiak. Walau belum mengambil sikap, Golkar dan Gerindra dikabarkan bakal bergabung.

Melihat formasi ini, kemungkinan besar hanya ada dua balon yang diusung partai politik dan ada dua kandidat yang melamar melalui jalur Independen. Kepastian formasi ini akan terungkap saat pendaftaran calon dari partai politik 8-10 Januari. Untuk Jalur Independen dua pasangan jalur perseorangan siap mendaftar. “Pastinya berapa kandidat yang maju akan terungkap saat pendaftaran 8-10 Januari mendatang,” tandas Komisioner KPU Talaud Kader Talenggoran.(fik/gnr)

Kirim Komentar