04 Jan 2018 10:56

Waspada Hujan di Pekan Kedua dan Keempat

MyPassion

MANADO—Memasuki awal tahun, Badan Klimatologi  kembali mengeluarkan analisis terbaru mengenai cuaca yang akan melanda beberapa wilayah di Sulawesi Utara. Seperti dijelaskan Kepala Seksi Observasi dan Informasi Klimatologi Minahasa Utara (Minut), Asep Hendrawan ketika ditemui, Rabu (3/1) kemarin. Menurutnya puncak hujan memang akan terjadi Januari ini. “Yakni antara pekan kedua dan keempat,” sebutnya.

 

Dia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan monitoring perkiraan cuaca, untuk memastikan puncak hujan. Dirinya membeberkan, salah satu penyebab terjadinya hujan adalah penguapan di bumi yang mengakibatkan terbentuknya awan.

Selain itu juga dinamika atmosfer seperti suhu muka laut, arah angin, dan suhu udara di suatu daerah tersebut menjadikan faktor penyebab hujan. “Khususnya Kota Manado, salah satu daerah yang permukaan lautnya hangat. Jadi potensi terjadinya hujan pun akan selalu ada,”jelasnya.

Senada, Kasie Observasi dan Informasi BMKG Sam Ratulangi Sutikno MSi mengatakan, Manado merupakan daerah yang terdapat dalam pesisir utara, yang suhu permukaan lautnya berada pada 27-30 derajat. “Makanya potensi hujannya menjadi lebih besar,”ungkapnya.

Dirinya pun mengimbau masyarakat terus mengikuti informasi yang dikeluarkan BMKG. “Update informasi itu sangat perlu. Apalagi sekarang semua hasil analisis kami langsung dibagikan. Semuanya karena kami ingin memberikan informasi pada masyarakat agar mereka tetap waspada,”tutupnya.(ctr-02/gel)

Kirim Komentar