04 Jan 2018 09:36

Daratkan 70 Ribu Wisman

MyPassion

MANADO—Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut mencatat, sejak Januari hingga November 2017, Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang berkunjung ke Sulut menembus angka 70 ribu orang. Angka ini belum termasuk jumlah Wisman yang mendarat Desember. Jumlah kunjungan Wisman ini meningkat dibandingkan periode yang sama tahun 2016. Dimana untuk periode Januari hingga Desember tahun 2016, hanya berjumlah 40 ribu orang.

Membludaknya kunjungan Wisman didominasi turis Tiongkok. Sejak Januari hingga November, kunjungan Wisman Tiongkok menyentuh 51 ribu. Hal ini did       orong oleh program Pemprov Sulut di sektor pariwisata. Bahkan, Gubernur Olly Dondokambey menargetkan kunjungan Wisman untuk tahun 2018 menembus 200 ribu.  

Banyaknya kunjungan Wisman, khususnya turis Tiongkok, menurut praktisi pariwisata, Anton mengatakan, selain karena biaya yang murah, pariwisata pantai di Sulut juga dikagumi para turis. “Jualan kita pantai. Mereka (turis Tiongkok, red) paling banyak cari pantai,” beber owner Mapanget Mega Wisata ini.

Dia berujar, paling banyak turis Tiongkok yang mencari pantai  berasal dari daerah pegunungan yang jarak ke pantai ribuan kilometer (km). “Sekira 90 persen wisman Tiongkok datang ke Sulut, selain karena murah, mereka juga memburu pantai. Karena, para Wisman ini jarang lihat pantai. Bahkan, ada yang sejak lahir hingga meninggal tak pernah melihat pantai. Hanya lihat pantai dari gambar saja,” ungkapnya.

Dari paket liburan misalnya 5 hari 4 malam, dia menambahkan, pihak trvel bisa memasukan dua sampai tiga hari untuk wisata pantai. “Dan mereka suka. Karena mereka memang memiliki tujuan ke Indonesia, ke Manado, melihat pantai,” sebutnya.

12
Kirim Komentar