04 Jan 2018 10:41

58 Bidang Tanah MORR Masih Digantung

MyPassion
JE Kenap

MANADO—Pembebasan lahan Manado Outer Ring Road (MORR) III yang diagendakan 2017 lalu, belum tuntas. Dari data, target 108 bidang tanah baru 50 yang dibayar. Sisanya 58 bidang, belum dituntaskan dengan berbagai alasan. Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Sulawesi Utara (Sulut) JE Kenap mengatakan, yang belum terbayar 2017 akan dibayar 2018.

 

“Semuanya akan terus tersambung tidak ada yang terputus di tahun 2018 ini. Progress sekarang, setelah diinventarisir, pembebasan lahan belum sampai setengah. Karena banyak permasalahan administrasi. Seperti dokumen tanah. Ada juga yang belum menerima hasil dari appraisal,” ucap Kenap.

Lanjutnya, di tahun 2017 anggaran Rp 70 miliar digunakan sudah terpakai. Tahun ini, menurut Kenap, semua tergantung harga dan anggaran yang dimiliki. “Untuk pembayaran tanah di Perkim 135 miliar. 100 miliar untuk MORR III, sisanya 35 miliar lahan di Bandara Likupang. Jadi seberapa besar yang bisa dihabiskan, kita berusaha,” tandasnya.

Terpisah, Sekretaris Panitia Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Nasional Sulut Samsudin Kono mengatakan, lahan MORR III yang telah terbayar sebanyak 50 bidang. Beberapa kendala yang dihadapi di lapangan yaitu surat-surat tanah bahkan ada pemilik yang tidak datang ketika musyawarah.

“Kami menunggu surat permohonan dari Dinas Perkim. Jika mereka telah menyurat maka pekerjaan akan segera dimulai. Kami harapkan segera menyurat agar pekerjaan dimulai secepatnya tidak kejar-kejar waktu,” tandasnya.(ctr-03/gel)

Kirim Komentar