04 Jan 2018 14:12

400 ASN Bakal Dilapor ke Gubernur

MyPassion
MAKIN DISIPLIN: Bupati Jabes Gaghana dan Sekkab Edwin Roring, meresmikan pencanangan tahun peningkatan integritas dan profesionalisme ASN, Rabu (3/1) kemarin di Lapangan Santiago. Foto: Sriwani Adolong/MP

SANGIHE—Liburan Natal dan Tahun Baru telah usai. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Rabu (3/1) kemarin langsung menggelar ASN, di Lapangan Santiago Tahuna. Namun, dari pantauan kehadiran para abdi negara saat apel tergolong rendah. Hal ini dibenarkan Kepala BKD Sangihe Ratna Limbongadil.

Dibeberkan ada sekitar 400-an yang tidak ikut apel dari 1.400 ASN yang ada di lingkungan setkab hingga Kecamatan Tahuna, Tahuna Timur dan Kecamatan Tahuna Barat. “Saat kami masih mendata lengkap untuk melaporkan ke Gubernur. Sekitar 400-an ASN yang tidak ikut apel,” ujarnya.

Dikatakan Lombongadil, pihaknya akan meminta keterangan terhadap pegawai yang tidak mengikuti apel dan bolos hari pertama kerja. Jika tanpa alasan jelas, Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) akan dipotong 15 persen. “Nantinya kami akan mengecek kembali yang tidak hadir tanpa keterangan. Mereka bisa mendapatkan teguran dan pembinaan dan sudah masuk rekaman pelanggaran bahkan pemotongan kinerja,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dalam sambutannya mengingatkan kembali soal disiplin. Bupati meminta agar seluruh ASN maupun tenaga honorer untuk tidak menambah libur. "Mereka yang tidak hadir harus membuat pernyataan atau sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 53 tentang Kedisiplinan ASN. Bisa dikenai sanksi teguran baik lisan dan tulisan dari pimpinan ASN di Sangihe,” tegas bupati.

Gaghana juga meminta apabila ada masalah yang tidak dapat di selesaikan di lingkup ASN Sangihe, maka lapor saja langsung kepadanya, dia akan turun langsung. “Selain itu, bagi bendahara di setiap OPD yang sudah diberikan tanggung jawab, peganglah tanggung jawab tersebut dengan baik,” pinta Gaghana.

Selama 7 bulan memimpin pemerintahan, Gaghana menyebutkan sudah mempelajari kriteria-kriteria para pejabat dan para staf. “Siapa yang rajin, malas, kerja pencuri tulang sampai yang pencari muka,” tegas Bupati.  “Penyerapan dana pembangunan harus mulai pada Februari atau Maret dan harus dilakukan secara profesional,” tandas mantan wabup dua periode ini.

Dalam apel perdana, bupati juga meresmikan pencanangan tahun peningkatan integritas dan profesionalisme ASN sebagai upaya menyukseskan reformasi birokrasi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe.(tr-08/gnr)

Kirim Komentar