03 Jan 2018 07:45
Cita-cita Studi di Kampus Terbaik

Usia 25 Tahun Miliki Segudang Titel Bergengsi

MyPassion
Priska Rumokoy

MASIH berumur 25 tahun, Priska Octavia Rumokoy sudah memiliki segudang titel bergengsi. Tamat Sarjana Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) di umur 18 tahun, Priska meraih Magister di pascasarjana Unsrat di umur 20 tahun. Kemudian, putri bungsi dari Prof Donald Rumokoy dan Prof Telly Sumbu ini berhasil meraih master hukum di University of Southern California (USC), Los Angeles, USA di umur 22 tahun.

Sekarang, perempuan yang memiliki segudang prestasi ini sedang meniti pendidikan di salah satu kampus terbaik dunia, yaitu sebagai mahasiswa program PhD (doktor) Ilmu Hukum di Washington University, Seattle, USA melalui sponsor (beasiswa) LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

“Cita-cita untuk studi di salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia sudah ada semenjak kecil. Jadi beberapa persiapan seperti kelas tambahan bahasa Inggris sudah saya tempuh ketika masih dijenjang SD,” kata Priska.

Dirinya pun membeber kiat-kiat dalam menempuh pendidikan di kampus terbaik dunia ini. “Untuk bisa bersaing, bahasa sudah pasti menjadi aspek penting. Komunikasi dengan Professor dan teman-teman kampus dan bahaan bacaan yang semua berbahasa Inggris harus dipahami secara mendalam,” tuturnya.

Kemudian, lanjutnya, jangan pernah merasa minder dengan teman-teman sekitar. “Yang saya alami, pada dasarnya kita semua sama. Yang membedakan itu apakah kita mau bekerja keras atau tidak,” katanya.

Displin juga menurutnya adalah aspek yang paling penting. “Ketika waktunya belajar, harus belajar dengan serius tapi  tidak berarti saya tidak ada waktu untuk bersosialiasi karena itu juga penting. Sehingga saya selalu mencoba displin dalam waktu,” katanya.  “Gagal itu biasa yang paling penting tidak pernah menyerah untuk mencoba lagi,” ujar Priska.

Yang paling penting, dia melanjutkan, lingkungan keluarga sangat memotivasi untuk menggapai tingkat pendidikan tertinggi. “Sekalipun harus bersaing dengan kandidat terbaik yang datang dari berbagai negara,” bebernya.  “Sebagai alumni Fakultas Hukum Unsrat Manado, saya bangga dengan prestasi akademik di program PhD (doktor) yang sedang saya selesaikan di Washington University Seattle, Amerika Serikat ini,” kunci Priska. (fgn)

Kirim Komentar