03 Jan 2018 10:14

Pembatas Jalan Bakal Dibongkar, Bahu-Malalayang Punya Jalur Ambulans

MyPassion

MANADO—Untuk mempercepat rujukan pasien ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Kandou, Pemerintah Kota Manado akan membangun jalur khusus ambulans. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Manado Dr Peter Assa, Selasa (2/1) kemarin, mengatakan jalur khusus ambulans mulai dibangun Januari ini. Dengan anggaran sekitar Rp 1 miliar. ”Pekerjaannya dibagi dua. Melalui swakelola dan lelang,” ujarnya.

 

Dijelaskan mantan Kepala Bapelitbang Manado ini, jalur khusus tersebut akan dibangun mulai dari jalan raya Bahu sampai ke RSUP Kandou di Malalayang. Untuk mengadakan jalur tersebut, pemerintah akan membongkar pembatas jalan yang juga taman.

”Lebar jalur khusus ini sekitar tiga meter. Jalan akan dibangun hot mix. Kemudian juga akan dibangun aksesoris lainnya. Seperti pembatas dan lampu peringatan,” bebernya.

Menurut Assa, pembangunan ini merupakan komitmen dari Wali Kota Manado untuk memperlancar akses ambulans menuju RSUP Kandou, agar tidak terjebak macet. ”Nantinya kalau jalur khusus ini sudah selesai dibangun, rujukan pasien ke RSUP Kandou tidak akan terjebak dengan kemacetan,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado Yohanis Waworuntu melalui Kepala Bidang Lingkungan Hidup Stany Lonteng menambahkan, pihaknya sudah diperintahkan dari tahun lalu untuk mengangkat tanaman bunga di pembatas jalan Malalayang dan Bahu. ”Tinggal Dinas Pekerjaan Umum membangun jalan yang akan dijadikan jalur khusus untuk ambulans,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Manado Nortje Van Bone sangat mendukung langkah pemerintah untuk membangun jalur khusus ambulans menuju RSUP Kandou.”Kemacetan di Manado menjadi keluhan untuk merujuk pasien ke RSUP Kandou. Dengan jalur khusus akan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” tandasnya. (ite/gel)

Komentar
Kirim Komentar