03 Jan 2018 09:40

Parpol Masih Simpan `Kartu`

MyPassion

MANADO—Pendaftaran calon untuk pilkada serentak dibuka 8-10 Januari pekan depan. Namun masih banyak partai politik (parpol) belum memastikan semua calon yang akan diusung di enam daerah pilkada di Sulut.

 

Seperti PDIP, baru mengantongi rekomendasi untuk tiga daerah. Yakni Bolmut yang mengusung Depri Pontoh dan Amin Lasena, berkoalisi dengan PPP. Kemudian di Kotamobagu mengusung Tatong Bara dan Koerniawan Nayodo bersama PAN. Di Talaud, partai berlambang banteng moncong putih ini mengusung Welly Titah dan Heber Pasiak.

“Tiga daerah itu sudah ada rekomendasi dan siap mendaftar di KPU masing-masing pada 8-10 Januari,” ujar Sekretaris PDIP Sulut Franky Wongkar, kemarin.

Lanjutnya, untuk tiga daerah sisa yakni Mitra, Minahasa, dan Sitaro akan segera diumumkan. “Kemungkinan tidak serentak. Paling lambat 5 Januari sudah lengkap. DPD baru selesai rapat dan kita tunggu pleno DPP,” ujar Wakil Bupati Minsel ini.

Di Partai Golkar (PG) Sulut juga tidak jauh beda. Hingga kemarin belum ada keputusan resmi terkait calon yang akan diusung di enam daerah pilkada. Diketahui baru dua daerah yang telah mendapat SK DPP waktu lalu, yakni Minahasa dan Sitaro.

Menurut jubir PG Sulut Feryando Lamaluta, partainya terus menyiapkan calon terbaik untuk diusung.

"Kami sudah siapkan calon yang akan diusung untuk enam daerah Pilkada. Saat ini berkasnya sudah di meja pimpinan," ujar Lamaluta.

Dikatakannya, pengumuman paslon akan dilakukan paling lambat 5 Januari. "Pokoknya sebelum tanggal 5 paslon yang akan maju dari Partai Golkar akan diumumkan," katanya.

Mengenai target, Lamaluta membeberkan, Minahasa dan Mitra menjadi bidikan utama. "Kami targetkan kemenangan di Minahasa dan Mitra. Itu sudah menjadi prioritas kami," bebernya.

Terpisah, Sekretaris DPD I Golkar Sulut Tonny Lasut mengatakan, pengumuman calon akan segera dilakukan. "Kami tinggal tunggu pentunjuk DPP. Pokoknya sebelum pendaftaran SK paslon dari Golkar sudah diumumkan. Karena yang berhak mengeluarkan keputusan siapa yang akan diusung itu dari DPP. Kami DPD hanya  mengusulkan," katanya.

Di tempat lain, Sekretaris Partai Gerindra Sulut Melky Suawah mengatakan, keputusan calon yang akan diusung partainya juga masih berproses di pusat. Namun menurutnya, Gerindra siap menghadapi semua tahapan pilkada nanti.

“SK pastinya akan segera keluar mengingat pendaftaran yang sudah tidak lama lagi dibuka. Pasti sebentar lagi semuanya akan jelas. Sekarang kita sedang mematangkan organisasi partai di enam daerah tersebut,” ucapnya.

Partai Hanura, menurut Sekretaris Hanura Sulut Selfi Pondaag, baru memberikan rekomendasi untuk Kotamobagu yaitu kepada Tatong Bara dan Nayodo Koerniawan. Namun untuk daerah lain nanti menyusul.

12
Kirim Komentar