03 Jan 2018 12:14

Aset Pemkot Banyak `Bodong`

MyPassion

BITUNG—Sejumlah aset Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung diduga bodong. Pasalnya, hingga saat ini belum memiliki hak kepemilikan yang sah.

 

Kepala Bidang Aset BPKAD Bitung David Rawung SPi MM mengatakan, ada aset yang terdata milik Pemkot tetapi tidak memiliki arsip dokumennya. “Secara umum, aset tersebut milik pemkot, tetapi tidak didukung dengan dokumen yang sah,” katanya.

Seperti halnya stadion sepak bola Dua Sudara Bitung yang merupakan markas utama Persbit Bitung. “Stadion Dua Sudara permasalahannya, tidak seluruh tanah stadion ini mempunyai dokumen yang sah. Karena bukti kepemilikan hanya sekira 7000an meter persegi. Dan ini tidak sampai setengah dari seluruh area stadion. Selain itu, Pasar Winenet, ternyata bukan milik pemkot. Karena kepemilikan lahan tersebut ada ahli warsis dan pihak lainnya yang mengklaim itu milik mereka pribadi. Kelemahannya, kami tidak ada dokumen pendukung yang dipegang,” terangnya.

Lanjut Rawung, ada beberapa indikasi yang menyebabkan tidak terarsipnya dokumen aset milik pemkot ini. Dicontohkannya, dahulu sudah dihibahkan untuk dibuat fasilitas umum pemerintah, namun tidak langsung ditindaklanjuti dengan dokumen yang sah. Makanya dari pihak ahli waris yang tidak mengetahui hal tersebut, sehingga mengklaim lahan tersebut masih milik mereka.

“Bahkan kemungkinan itu tercecer dari arsip, karena ketika ada pergantian jabatan, entah disengaja atau tidak, seharusnya berkas harus diserahkan oleh pemegang jabatan sebelumnya. Tapi ternyata ada yang tidak menyerahkan,” jelasnya.

Mengantisipasi hal ini, dikatakan Rawung, bidang aset telah berkoordinasi dengan berbagai pihak. Untuk menelusuri dan menemukan keberadaan dokumen aset pemkot ini. “Kedepan akan dibenahi. Dan kami akan menelusuri kembali dimana sebenarnya dokumen aset milik pemkot ini berada. Seperti berkoordiniasi dengan Pemkab Minahasa yang dahulu menjadi bagian kota Bitung sebelum dimekarkan,” tutupnya.(cw-03/ria)

Kirim Komentar