30 Des 2017 09:08
Tahun Baru Kawal Titik Rawan

Polda-TNI Perkuat Operasi Intelijen

MyPassion
AMANKAN: Para personel kepolisian terus melakukan pengawalan di sejumlah titik vital hingga tahun baru mendatang.

MANADO—Natal di Sulut aman dan nyaman. Pengawalan yang dilakukan Polda, TNI serta didukung personel dari instansi pemerintah dan ormas Muslim, jadi salah satu upaya yang patut diapresiasi. Jelang pergantian tahun baru, aparat tetap tak ingin kecolongan. Mereka masih siaga. Kapolda Sulut Irjen Bambang Waskito menegaskan, ada lima poin yang akan dilakukan ribuan personel yang sudah disebar ke pelosok Sulut, untuk memastikan perayaan Natal dan Tahun Baru berjalan dengan aman.

Pertama, mengoptimalkan fungsi intelijen serta Bhabinkamtibmas untuk mendeteksi setiap potensi kerawanan yang muncul dan berkembang di tengah masyarakat. “Kedua, memahami cara bertindak yang telah ditentukan, disesuaikan dengan kerawanan yang dihadapi, disertai dengan alternatif cara bertindak yang sesuai dengan karakteristik wilayah masing-masing," kata Waskito.

Selanjutnya, mantan Kapolda Jawa Barat ini menginstruksikan seluruh jajaran menggelar operasi gabungan guna mengantisipasi tindak kejahatan. Operasi gabungan juga untuk mengantisipasi kelangkaan BBM, penimbunan dan penyelundupan bahan pokok, serta peningkatan kejahatan jalanan. “Intensifkan juga komunikasi dengan elemen terkait di wilayah masing-masing,” tegas jenderal bintang dua tersebut.

Terakhir, ia meminta seluruh jajaran dan pihak terkait untuk memberdayakan masyarakat. “Tokoh agama, adat, dan masyarakat dapat dilibatkan untuk menciptakan situasi aman dan tertib saat perayaan Natal dan Tahun Baru,” tandasnya.

Sementara itu, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Johni Asadoma menyebutkan, pengamanan intensif akan dilakukan di tempat-tempat dianggap akan banyaknya masa berkumpul. Namun demikian, pengamanan tetap akan dilakukan secara merata. Menurut Wakapolda, pihaknya ingin memastikan kesiapan pengamanan yang sudah tergelar bersama antara Polri dan jajaran TNI dengan instansi terkait lainnya. “Mudah-mudahan situasi keamanan di Sulawesi Utara tetap kondusif hingga tahun baru nanti,” ujar Asadoma.

Menurutnya, masyarakat Sulut sangat responsif melakukan kerja sama dengan aparat keamanan. “Intinya masyarakat jangan khawatir, silahkan merayakan Natal dan tahun baru, karena Polri dan TNI siap melakukan pengamanan,” tandasnya.

Diketahui, Polda Sulut menggelar Operasi Lilin Samrat 2017 selama 10 hari. Mulai 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018. Operasi ini akan menyasar tempat wisata, pusat perbelanjaan, bandara, pelabuhan, dan terminal serta tempat vital lainnya.(gnr)

Kirim Komentar