30 Des 2017 08:34

Knalpot Racing Dibidik, Buka-Tutup Jalan Diterapkan

MyPassion

MANADO—Polda Sulut dan jajaran kembali memperketat pengamanan menjelang tahun baru. Penggunaan knalpot racing pada kendaraan bermotor jadi salah satu upaya penertiban. Namun, dari pengakuan seorang remaja yang ditemui media ini, momen malam tahun baru memang sangat dinantikan.

 

Karena, di malam itu menjadi malam yang dianggap bebas dalam bekendaraan. Khususnya, menggunakan roda dua yang telah dimodifikasi. Termasuk knalpotnya. “Pokoknya ramai kalau motor digas bunyinya besar,” kata Anes (18), warga Tuminting. “Antisipasi ditangkap polisi sudah. Nanti tengah malam baru kami pasang. Karena, menghindari polisi,” akunya.

Terkait hal ini, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda, akan membidik para pengendara yang menggunakan knalpot racing. Menurutnya, langkah tersebut sudah mulai dilakukan sebelum masuk malam pergantian tahun baru. Di mana, jajarannya Satlantas di masing-masing Polres sudah menggelar razia penertiban knalpot racing. “Penggunaan knalpot racing menjadi salah satu dari bentuk gangguan keamanan masyarakat. Khususnya pengguna jalan. Tetap kami amankan kalau ditemukan. Seperti tahun sebelumnya begitu,” ungkapnya saat dihubungi kemarin.

Ia mengatakan, selama masih menggunakan jalan raya, maka selama itu pengendara wajib mematuhi rambu-rambu dan aturan berlalu lintas. Karena, di jalan raya itu tidak hanya untuk keselamatan pengendara yang melanggar, tapi untuk pengendara lainnya. “Makanya, kami senantiasa mengimbau agar pengendara itu tertib berlalu lintas. Karena demi kepentingan pengendara itu sendiri,” ungkapnya.

Lanjutnya, pihaknya terus memantau penggunaannya. Jika terlihat mengganggu, maka dilakukan penahanan. Apalagi jika suaranya besar karena dapat mengganggu kenyamanan pengendara lainnya.

Menurutnya, pengamanan tahun baru akan dilaksanakan Polda pada beberapa tempat yang menjadi pusat keramaian dan juga titik jalan dengan pola preventif. “Di mana diperkirakan akan dipadati oleh orang dan kendaraan. Untuk kendaraan, kami akan melakukan pengamanan kendaraan bermotor terlebih yang menggunakan knalpot racing,” ungkapnya.

Dia menambahkan, penggunaan knalpot racing sudah sangat meresahkan masyarakat. Selain itu juga memicu keributan. “Kendaraan bermotor punya standar penggunaan knalpot. Untuk itu gunakan saja yang sesuai standar, jika tidak akan ada sanksi tegas menanti,” pungkas Tompo.

Di sisi lain, menurut Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol Ari Subianto, pihaknya saat malam pergantian tahun baru bakal menerapkan pola atau sistem buka tutup jalan. itu guna mengantisipasi terjadinya kemacetan. “Untuk kemacetan, anggota akan ditempatkan pada pos-pos dan penggal-penggal jalan untuk melakukan penjagaan dan pengaturan. Kemudian akan melakukan buka dan tutup jalan, ini menyesuaikan kondisi kepadatan. Itu yang menjadi giat Polda mengamankan perayaan tahun baru,” pungkas perwira tiga melati tersebut.(tr-6/gnr)

Kirim Komentar