30 Des 2017 09:41

Gempa 5,7 SR Kembali Guncang Talaud

MyPassion
Ilustrasi

TALAUD—Kepulauan Talaud, kembali diguncang gempa, Jumat (29/12) sekira pukul 01.20 wita. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa bumi tersebut berkekuan 5,7 skala richter (SR).

 

Pusat gempa dilaporkan berada di titik 3,98 Lintang Utara (LU)-126,88 Bujur Timur (BT). Lokasi tersebut berada sekira 19 km arah tenggara dari Kepulauan Talaud. Yang berada di kedalaman 16 km dari permukaan laut.

Kapolres Talaud melalui Kabag Ops Dikson Malensang mengatakan hasil laporan dari polsek jajaran tidak terdapat korban jiwa maupun kerusakan atau kerugian material akibat gempa. ''Tidak ada korban jiwa maupun kerugian material,'' ujarnya.

Terpisah, Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip meminta masyarakat Kepulauan Talaud agar tetap tenang. "Gempa bumi yang terjadi ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami, " katanya.

Diketahui, selama sepekan, Talaud telah diguncang gempa dua kali. Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi kali ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng. Sedangkan dari BMKG, berdasarkan peta tatanan tektonik, wilayah Kepulauan Talaud terdapat zona pertemuan antara Lempeng Laut Filipina dan Lempeng Mikro Halmahera.

Hal analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di lokasi tersebut dibangkitkan oleh mekanisme penyesaran geser (strike slip).(***)

Kirim Komentar