30 Des 2017 08:54
Terpanas di Minahasa dan Mitra

Awal Tahun Parpol Beber Calon

MyPassion

MANADO—Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sulawesi Utara (Sulut) segera memasuki babak menegangkan. Penentuan calon di masing-masing parpol sedang terjadi. Hasilnya bakal terlihat pada 8-10 Januari 2018, di tahapan pendaftaran di KPU. Dua partai besar yang kans head to head nanti, PDI Perjuangan dan Partai Golkar belum membeber semua figur yang akan diusung. Khusus PDI-P, baru mengumumkan calon di Bolmut dan Kotamobagu.

Sedangkan Golkar, mantap di Minahasa dan Sitaro. Selanjutnya parpol lain sudah ada yang mengeluarkan SK calon. Seperti NasDem yang merestui Elly Lasut-Mochtar Parapaga di Talaud dan PAN mengusung Tatong Bara-Nayodo Koerniawan di Kotamobagu. Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sulut Elman Saragih mengatakan, calon yang diusung sudah berdasarkan hasil survei.

 “NasDem telah menentukan nama. Kami yakin betul pasangan ini pasti menang. Partai juga sudah mempersiapkan mesin partai untuk menggerakkan seluruh kekuatan mendukung kemenangan calon,” kata Saragih. Selain Talaud, NasDem mantap memilih Ivan Sarundajang (IvanSa) dan Careig N Runtu (CNR) di Minahasa, di Mitra Telly Tjanggulung dan Ronald Kandoli, di Sitaro AAB Maliogha dan Elians Bawole, di Bolmut Karel Bangko dan Arman Lumoto.

Di Demokrat, Ketua Harian James Karinda mengatakan rekomendasi calon akan diserahkan awal Januari. “Itu akan turun bersamaan untuk enam daerah,” sebut Karinda. Sekretaris Partai Gerindra Sulut Melky Suawah mengungkapkan, SK untuk nama calon masih sedang berproses di pusat. “Di awal tahun semua akan jelas,” ucap Suawah.

Sementara itu diperkirakan yang cukup panas adalah Pilkada Minahasa dan Minahasa Tenggara. Pasalnya, incumbent kembali bertarung dan dua daerah tersebut jadi bidikan PDI-P dan Golkar. Seperti disampaikan Sekretaris PDI-P Sulut Franky Wongkar. “Di daerah yang ada incumbentnya, kita harus menang,” ujar Wongkar, sembari menambahkan SK calon akan segera diketahui pekan depan.

Senada disampaikan Jubir DPD Golkar Sulut  Feryando Lamaluta. "Semua sudah terang benderang sebelum 5 Januari.  Kami tinggal menunggu ditandatangani Ketua Umum," jelasnya. Di Pilkada nanti menurut Lamaluta, Golkar menargetkan kemenangan di Minahasa dan Mitra. "Kami fokuskan kemenangan di Minahasa dan Mitra," katanya.(baladewa/gel)

Kirim Komentar