30 Des 2017 09:37

2018, Tak Ada Pembayaran Tunai

MyPassion

KOTAMOBAGU—Gerakan non tunai pembayaran gaji, insentif tenaga kontrak, hingga perjalanan dinas untuk ASN akan mulai diterapkan 2018 mendatang. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Perbendaharaan, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kotamobagu Syafrudin Abas.

 

Menurutnya, nanti alur pencairannya sudah tidak melalui bendahara. Saat ini prosesnya tengah dalam tahap persiapan yakni perampungan administrasi. “Sebagai tahap persiapan, saat ini kita mulai melakukan pengumpulan KTP asli para ASN dan tenaga kontrak atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). Hal ini sebagai tindak lanjut surat edaran tentang pelaksanaan gerakan non tunai yang ditandatangani oleh sekretaris daerah,” ungkap Abas.

Dikatakannya, penerapan gerakan non tunai ini sangat positif guna transparansi pengelolaan keuangan. “Nantinya pencairan seperti gaji, insentif tenaga kontrak, SPPD dan semua kegiatan pembiayaan secara langsung (LS) akan ke rekening penerima, sudah tidak lagi melalui bendahara,” tambahnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, dalam penerapan gerakan non tunai ini, pemkot akan menggandeng perbankan. Untuk itu, pihaknya akan meminta kesiapan bank dari berbagai aspek, termasuk penambahan gerai Anjungan Tunai Mandiri (ATM). “Kita berharap pihak Bank Sulut dapat memaksimalkan pelayanan dengan menambah gerai ATM. Mengingat, hampir empat ribuan ASN dan P3K nantinya akan mengakses mesin ATM dari Bank Sulut sendiri,” pungkasnya. (wan/can)

Kirim Komentar