29 Des 2017 14:02
Target Tutup Buku 95 Persen

Tak Capai Siap-siap Dirolling

MyPassion

BITUNG—Realisasi penyerapan anggaran Pemkot Bitung ditergetkan capai hingga 95 persen. Hal ini disampaikan Kepala Bagian Pembangunan Setda Pemkot Bitung Jhon L Simarmata. Menurutnya, ini sesuai instruksi Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban.

 

“Kalau sesuai target, tahun tutup buku 2017, peneyerapannya sekira 91 persen. Namun, Pak Wali minta sampai tanggal batas pencairan (29 Desember), harus sudah pada angka 95 persen. Ini permintan langsung pak Wali,” katanya.

Hal ini dimaksudkan, tambah Simarmata, agar 2018 sudah tidak ada hutang ke pihak ketiga. “Pun Pak Wali juga menegaskan, tidak mau ada hutang pemkot di tahun anggaran 2018. Artinya semua pihak ketiga harus selesai dan menarik seluruh anggarannya tahun ini. Juga ditargetkan 95 persen, untuk menghindari alasan klasik. Contohnya terlambat administrasi pencairan, sudah tidak menjadi asalan. Karena zjaman serba online, seharusnya ini bukan menjadi soal lagi. Serta mekanisme pencairan sudah sangat mudah,” terangnya.

Lanjut Simarmata, realiasi penyerapan anggaran ini, menjadi salah satu acuan evaluasi kinerja perangkt daerah (peda). “Evaluasi akan dilaksanakan di pertengahan Januari 2018 mendatang. Harapannya sesuai dengan target yang diberikan. Baik pencairan anggaran maupun fisik pekerjaan harus rampung. Tapi jangan sampai mengejar target sehingga melanggar aturan. Nantinya akan diadakan evaluasi kinerja dan kemungkinan ada yang diroling. Entah dipromosi, didemosi, atau tetap pada jabatannya saat ini,” ungkapnya.

Sementara untuk sisa anggaran sekira 5 persen adalah bentuk efisiensi, tambahnya. “Ya, 5 persen dari total APBD 2017 yang tidak terserap (sekira Rp 40 miliar), asumsinya adalah efisiensi. Contohnya perjalanan dinas yang tidak dilakukan pun penggunaan bahan bakar yang tidak terpakai. Juga TPP yang tidak dibayarkan full,” kata Simarmata.  

Diketahui, untuk total APBD Bitung 2017 ini Rp 852 miliar. Saat ini realisasinya masih terus berjalan. Dan sesuai data BPKAD awal minggu ini, untuk pendapatan sudah di angka 93,10 persen. Sementara belanja 90,38 persen.(cw-03/can)

Kirim Komentar