29 Des 2017 10:35

Kejutan Sepak Bola Dunia Sepanjang 2017

MyPassion
Kepindahan Neymar ke PSG menjadi salah satu kejutan terbesar 2017 (AFP)

MANADOPOST-Bukan sepak bola namanya jika tak penuh dengan kejutan. Sepanjang 2017, sangat banyak kejutan yang terjadi dan membuat banyak pencinta sepak bola terperangah.

Jawapos.com mencoba merangkum tujuh hal paling mengejutkan yang terjadi sepanjang 2017. Hal-hal yang mungkin tak disangka tapi benar-benar terjadi.

1. Transfer Neymar ke PSG

Neymar menjadi pemain termahal dunia ketika gabung PSG

Neymar menjadi pemain termahal dunia ketika gabung PSG (AFP)

Tak ada yang menyangka Neymar benar-benar meninggalkan Barcelona musim panas lalu. Barcelona tak mengira Paris Saint-Germain mengaktifkan klausul 222 juta euro dan tak bisa menolak itu.

Neymar sendiri sepertinya sangat senang ke PSG dan menjadi bintang utama di sana. Memang bersama Barcelona sang pemain tak bisa menjadi sosok utama seiring keberadaan Lionel Messi.

2. Islandia Lolos Piala Dunia untuk Pertama Kalinya

Islandia untuk pertama kalinya lolos fase final Piala Dunia

Islandia untuk pertama kalinya lolos fase final Piala Dunia (AFP)

Timnas Islandia terus mengejutkan banyak orang. Tak hanya karena mereka tampil luar biasa di Euro 2016, tapi mereka dipastikan menjadi salah satu tim yang akan tampil di Piala Dunia 2018 tahun depan.

Islandia bahkan menjadi negara dengan penduduk terkecil sepanjang sejarah yang lolos ke Piala Dunia dengan 335 ribu jiwa. Bukan tak mungkin kejutan akan kembali mereka buat.

3. AC Milan Beli 11 Pemain Baru

Milan mendatangkan sangat banyak pemain baru musim panas lalu

Milan mendatangkan sangat banyak pemain baru musim panas lalu (AFP)

Hal paling mengejutkan di Italia terjadi pada bursa transfer. Milan benar-benar menggila dengan 11 pemain anyar yang didatangkan.

Tak main-main, pemain yang didatangkan pun memiliki nama besar, sehingga skuat inti mereka berubah total. Sayangnya, hal ini tak banyak berdampak bagi mereka.

4. Burnley Saingi Tim Papan Atas Premier League

Burnley secara mengejutkan tampil luar biasa musim ini

Burnley secara mengejutkan tampil luar biasa musim ini (AFP)

Ketika membicarakan Burnley, kita membicarakan tim kecil Premier League yang targetnya adalah selamat dari degradasi. Tapi, musim ini mereka benar-benar membuat kejutan.

Burnley tampil luar biasa bahkan menjadi satu-satunya tim yang menyempil di antara enam tim besar Premier League pada tujuh besar sejauh paruh musim pertama. Tim ini benar-benar memperlihatkan performa yang tak terduga.

5. Fenomena Kylian Mbappe

Kylian Mbappe menjadi salah satu pemain paling memukau 2017

Kylian Mbappe menjadi salah satu pemain paling memukau 2017 (AFP)

Siapa yang mengira ada pemain yang baru terdengar awal tahun ini, membawa AS Monaco juara Ligue 1, menjadi andalan Timnas Prancis, dan akan menjadi pemain kedua termahal dunia bersama Paris Saint-Germain?

Kylian Mbappe adalah salah satu kejutan terbesar karena dia masih 18 tahun tapi performanya sudah seperti bintang istimewa. Sang pemain bahkan menjadi pemain terbaik dunia keenam pada Ballon d'Or lalu.

6. Rekor Manchester City

Manchester City buat rekor luar biasa musim ini

Manchester City buat rekor luar biasa musim ini (AFP)

Premier League adalah liga paling ketat dan menarik. Tapi, siapa sangka Man City begitu superior musim ini. Hingga artikel ini ditulis, The Citizens membuat rekor 18 kemenangan beruntun dari total 19 kemenangan dan 1 imbang pada 20 laga liga.

Itu merupakan rekor kemenangan beruntun terpanjang sepanjang sejarah Liga Inggris dan Pep Guardiola memperlihatkan bahwa dia memang manajer genius dimanapun melatih.

7. Harry Kane Mengalahkan Messi dan Ronaldo

Harry Kane menjadi pemain tertajam pada tahun 2017

Harry Kane menjadi pemain tertajam pada tahun 2017 (AFP)

Sebuah kejutan besar terjadi akhir tahun ini. Dimana pencetak gol terbanyak dalam satu tahun terakhir akhirnya tidak diukir oleh Lionel Messi ataupun Cristiano Ronaldo.

Adalah Harry Kane yang menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang tahun dengan total 56 gol. Lebih banyak dua gol dari Messi dan tiga gol dari Ronaldo. Pemain ini benar-benar moncer dan tak diduga bisa mencapai level seperti sekarang.

(rap/JPC)

Kirim Komentar