29 Des 2017 10:17

Harus Antisipasi Arus Balik

MyPassion

MANADO—Arus balik penumpang setelah libur Natal dan Tahun Baru diperkirakan bakal terjadi di pekan pertama tahun 2018. Kepala Dinas Perhubungan Joy Oroh mengatakan, berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, tanggal 2-7 Januari arus transportasi bakal padat. “Apalagi yang menuju Manado,” kata Oroh. Pemerintah pun mulai ancang-ancang dengan langkah antisipasi. Armada baik darat, laut, dan udara sudah disiapkan.

“Biasanya untuk arus balik tidak menentu pada hari yang sama. Pengalaman saya mereka akan kembali di tanggal beragam. Namun kami sudah menyiapkan dan mengamankan arus balik. Cadangan kapal juga ada, apalagi di daerah kepulauan dengan keberangkatan terbanyak,” sebut Oroh, sembari menambahkan sesuai instruksi pimpinan ada dua unit kapal yang ditambah untuk melayani kepulauan. Khususnya Sangihe dan Talaud.

Lanjutnya, sebanyak 107 angkutan antar kota antar provinsi dan 1.142 angkutan antar kota dalam provinsi akan mengamankan arus balik ini. Selain itu ada 15 kapal jurusan Manado dan enam kapal di Pelabuhan Bitung. “Bila terjadi lonjakan penumpang di arus balik nantinya, kami akan menggunakan terminal terdekat untuk menyuplai bus di lokasi yang terjadi lonjakan,” tandasnya.

Pengamat transportasi Dr James Timboeleng dinas terkait harus melakukan koordinasi mencegah jangan sampai transportasi tidak memenuhi kebutuhan. “Kelayakan serta jumlah transportasi harus tetap dikontrol,” sebutnya.(ctr-03/gel)

Kirim Komentar